The perception of the fourth semester students of english education department universitas muria kudus on small english group in speaking skill

KHASANAH, MAULINA ASRIFATUL (2021) The perception of the fourth semester students of english education department universitas muria kudus on small english group in speaking skill. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (525kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (363kB)

Abstrak

Merupakan salah satu dari empat keterampilan yang harus dikuasai selain menyimak, membaca, dan menulis. Berbicara memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari yaitu menyampaikan pikiran seseorang secara langsung. Hal ini mempengaruhi kinerja seseorang dalam banyak aspek, seperti sosial, politik, bisnis dan pendidikan. Salah satu cara yang efektif untuk belajar berbicara adalah dengan kegiatan pengelompokan. Small English Group adalah program yang berfokus pada pengembangan keterampilan dasar mahasiswa baru seperti berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis. Alih-alih itu, Small English Group (SEG) membantu mereka mendapatkan tips dan trik tentang cara belajar tata bahasa dengan gembira dan mudah serta mendiskusikan solusi yang mungkin. Mereka juga bisa lebih banyak berbagi tentang ide dan kompetensi mereka dalam bahasa Inggris terutama berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa semester IV Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus pada Kelompok Bahasa Inggris Kecil dalam meningkatkan keterampilan berbicara mereka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Peneliti menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Kuesioner diberikan kepada 50 mahasiswa dari mahasiswa semester empat Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus. Dengan bergabung dalam Small English Group, mereka bisa merasa lebih nyaman dan bebas untuk mengekspresikan ide mereka dalam berbicara. Setelah dilakukan perhitungan data dari indikator 1 dan indikator 2 menunjukkan bahwa indikator pertama mencapai skor 77,05% yang masuk dalam kategori netral. Sedangkan indikator kedua mencapai 78,67%. Skor akhir untuk indikator 1 dan indikator 2 adalah 77,86% hal ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa semester IV Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus pada Kelompok Bahasa Inggris Kecil dalam keterampilan berbicara adalah positif. Melalui Small English Group, keterampilan berbicara siswa meningkat. Padahal, kegiatan tersebut efektif dan efisien. Peneliti merekomendasikan siswa untuk bergabung dengan Small English Group, dengan bergabung dalam kelompok Small English mereka dapat memiliki motivasi yang baik untuk belajar bahasa Inggris, terutama dalam aspek berbicara.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Farid Noor Romadlon, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 Rusiana, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Persepsi siswa, kelompok Bahasa Inggris Kecil, Kemampuan berbicara
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Oct 2021 20:50
Last Modified: 08 Oct 2021 20:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15331

Actions (login required)

View Item View Item