Pengembangan lembar kerja siswa (lks) tema 7 untuk meningkatkan keterampilan sosial dan Berpikir rasional siswa kelas iv sd

PUTRI, NENENG SETYA (2021) Pengembangan lembar kerja siswa (lks) tema 7 untuk meningkatkan keterampilan sosial dan Berpikir rasional siswa kelas iv sd. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (814kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (393kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (27MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui analisis kebutuhan dalam pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) tema 7 untuk meningkatkan keterampilan sosial dan berpikir rasional siswa kelas IV SD di Kecamatan Gebog, (2) mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) tema 7 untuk meningkatkan keterampilan sosial dan berpikir rasional siswa kelas IV SD di Kecamatan Gebog, (3) mengetahui kelayakan pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) tema 7 untuk meningkatkan keterampilan sosial dan berpikir rasional siswa kelas IV SD di Kecamatan Gebog. Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan bahan ajar berupa lembaran-lembaran yang berisi ringkasan materi, tugas, dan petunjuk atau langkah-langkah yang harus dikerjakan siswa untuk menyelesaikan tugas. Keterampilan sosial merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain sehingga dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan sekitar. Keterampilan berpikir rasional merupakan kemampuan individu dalam menyelesaikan masalah melalui berbagai proses mulai dari menemukan masalah hingga mencari solusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research & Development (R&D). Prosedur penelitian yang digunakan terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validitas desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Lembar Kerja Siswa (LKS) akan diuji cobakan pada guru dan siswa kelas IV SD di Kecamatan Gebog. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Proses pengembangan LKS terdiri dari 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan dilakukan untuk menganalisis komponen LKS. Tahap pelaksanaan yaitu penyusunan LKS berbasis keterampilan sosial dan berpikir rasional yang selanjutnya divalidasi oleh ahli materi dan ahli desain. Tahap evaluasi terdiri dari tes unjuk kerja dan tes pengetahuan yang digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial dan berpikir rasional. Hasil uji coba produk melalui angket respon guru memperoleh tingkat pencapaian terendah 81,67% dan tertinggi 93,3%. Hasil uji coba produk melalui angket respon siswa memperoleh tingkat pencapaian terendah 81,25% dan tertinggi 97,5%. Hasil tersebut menunjukkan kualifikasi sangat baik sehingga LKS layak digunakan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. Pembimbing 2 M. Syafruddin Kuryanto, S.Si, M.Or.
Kata Kunci: LKS, Keterampilan Sosial, Keterampilan Berpikir Rasional.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Oct 2021 21:05
Last Modified: 08 Oct 2021 21:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15336

Actions (login required)

View Item View Item