Nilai-nilai pendidikan karakter dalam film serial animasi upin & ipin

PUTRI, RIZKIANA (2021) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam film serial animasi upin & ipin. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[img] Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (997kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film serial animasi Ipin dan Upin. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti meliputi teknik dokumentasi dengan mengumpulkan sumber yang relevan dan kemudian dianalisis menggunakan kartu data. Film animasi memiliki banyak makna, disamping digunakan sebagai media hiburan, film animasi juga dapat digunakan sebagai media pendidikan yang bukan sekadar media pendidikan bagi anak-anak, melainkan dapat memberikan arahan mendidik bagi remaja maupun dewasa. Anak-anak pada umumnya selalu meniru apa yang mereka lihat, tidak menutup kemungkinan perilaku dan sikap anak tersebut akan mengikuti tayangan film animasi yang dia tonton. Sekarang ini banyak tayangan film animasi tidak hanya di televisi melainkan Youtube juga menghadirkan banyak animasi yang mengandung unsur pendidikan, tidak jarang anak-anak mulai meniru adegan-adegan dari tokoh kegemarannya tersendiri. Namun, dibalik minimnya film animasi yang kurang mendidik tentunya salah satu animasi produksi tanah air yaitu “Ipin dan Upin” menjadi salah satu animasi yang memberikan contoh karakter yang patut untuk ditiru anak-anak maupun dewasa dalam bersikap. Dalam penelitian ini memberikan analisis pada setiap dialog dalam episode Ipin dan Upin yang mengandung nilai pendidikan karakter. Jenis pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah dengan metode pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di desa Sengonbugel RW 03 Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara, dengan mengambil subjek anak di desa Sengonbugel yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda dan bisa mewakili suatu khalayak sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter pada film serial animasi Upin dan Ipin episode “Kedai Makan Upin dan Ipin” sebagai berikut: 1) religius, 2) Nasionalis, 3) Mandiri, 4) Gotong royong dan 5) Integritas. Dari kelima nilai karakter di atas dapat disimpulkan bahwa karakter religius merupakan karakter yang paling dominan dan mendasari kelima karakter tersebut dikarenakan karakter religius merupakan unsur utama sekaligus unsur pembangun suatu nilai karakter. Dalam film serial animasi Upin dan Ipin episode “Kedai Makan Upin dan Ipin” ditampilkan bahwa setiap episode mengandung nilai karakter baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: PEMBIMBING 1 :Dr. Murtono, M.Pd PEMBIMBING 2 :Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Ipin dan Upin, Nilai pendidikan karakter
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Oct 2021 22:38
Last Modified: 08 Oct 2021 22:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15347

Actions (login required)

View Item View Item