Nabila, Farah Nur (2021) Peran ibu dalam perkembangan bahasa anak usia sekolah dasar di sd n 4 jekulo. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Text (HAL JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (893kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (331kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (575kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (329kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Ibu dalam perkembangan bahasa anak usia sekolah dasar di SD 4 Jekulo, mendeskripsikan bentuk-bentuk peran Ibu serta mendeskripsikan faktor pendukung peran Ibu dalam perkembangan bahasa anak usia sekolah dasar di SD N 4 Jekulo. Ibu merupakan sosok utama yang paling berperan dalam mengembangkan bahasa anak bahkan sosok pertama yang menjadi sumber pemerolehan bahasa oleh anak. Di SD 4 Jekulo terdapat berbagai perbedaan penyampaian bahasa oleh sejumlah anak yang dipengaruhi beberapa faktor salah satunya peran ibu. Peran Ibu merupakan tingkah laku seseorang sesuai kedudukannya sebagai ibu yang memberikan perlakuan kepada keluarganya. Bahasa merupakan salah satu alat untuk berkomunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus dengan fokus penelitian anak usia sd dan ibu di dilaksanakan di SD N 4 Jekulo yang berada di Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dokumentasi serta pencatatan. Dengan menggunakan analisis data interaktif yang meliputi tahapan reduksi, penyajian, dan penyimpulan data. Hasil dari penelitian ini yaitu Ibu berperan dalam perkembangan bahasa anak. Ibu yang berperan dengan baik (berperan aktif) dalam perkembangan bahasa anak, maka anak memiliki kemampuan bahasa yang baik. Begitu pula sebaliknya. Ibu yang kurang berperan (berperan pasif) maka anak memiliki kemampuan bahasa yang kurang Bentuk peran Ibu dalam perkembangana bahasa anak yakni sebagai pendamping (mendampingi anak setiap melewati tahap perkembangan bahasa), sebagai pembimbing (membimbing anak dengan mengajarkan berbagai aspek bahasa), sebagai fasiltator (menyediakan segala kebutuhan anak untuk menunjang perkembangan bahasanya), sebagai motivator (mendukung anaknya dengan menyemangati untuk terus membaca dan mempelajari bahasa), sebagai contoh (memberikan contoh bagaimana pengucapan kata dan penggunaan kalimat yang benar), dan sebagai organizer (mengatur waktu anak setiap harinya termasuk ketika membaca buku bacaan, dan berbagai hal lain yang menambah kemampuan bahasa anak). Terdapat 3 Faktor yang mendukung peran Ibu dalam perkembangan bahasa anak yakni faktor usia, faktor pendidikan dan faktor pekerjaan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1. Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons Pembimbing 2. Subiyanto S.Pd.SD |
Kata Kunci: | Peran Ibu, Bahasa Anak Usia SD |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 08 Oct 2021 23:44 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 23:44 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15358 |
Actions (login required)
View Item |