SOFIATUN, SOFIATUN (2021) Metode cerita islami dalam pengembangan kognitif anak usia dini di taman kanak-kanak mardi peni 2 Karanganyar kabupaten demak. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (536kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I - Revisi Pasca UJian.pdf - Published Version Download (358kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II - Revisi Pasca Ujian.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III - Revisi Pasca Ujian.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V - Revisi Pasca Ujian.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA- Revisi Pasca UJian.pdf - Published Version Download (398kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (819kB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan implementasi metode cerita Islami dalam pengembangan kognitif anak usia dini pada Taman Kanak-kanak Mardi Peni 2 Karanganyar Kabupaten Demak. 2) mendeskripsikan hasil dari implementasi metode cerita Islami dalam pengembangan kognitif anak usia dini pada Taman Kanak-kanak Mardi Peni 2 Karanganyar Kabupaten Demak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data secara induktif. Proses analisis data dalam penelitian ini dengan beberapa tahap yaitu: pengumpulan, kodifikasi dan kategorisasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bercerita Islami guna mengembangkan kognitif anak dilakukan dengan menyiapkan bahan ajar dan menyampaikan cerita kepada siswa dengan improvisasi guru agar pembelajaran menjadi menarik dan siswa merasa senang mendengarkan cerita. Cerita-cerita Islami yang sering dibacakan pada siswa adalah kisah-kisah nabi, perjuangan umat Islam, dan nasehat-nasehat dalam Al-Qur’an. Hasil implementasi metode bercerita Islami sangat membantu perkembangan kognitif siswa, yang dimulai dari tahap sensoris motoris, tahap pra operasional, dan tahap operasional konkret.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1. Dr. Mochamad Widjanarko, S.Psi., M.Si. Pembimbing 2. Dr. Erik Aditia Ismaya, MA. |
Kata Kunci: | cerita Islami, kognitif, anak usia dini |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 09 Oct 2021 00:23 |
Last Modified: | 09 Oct 2021 00:23 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15365 |
Actions (login required)
View Item |