Konseling behavioristik teknik self management untuk mengatasi kebiasaan tidak disiplin mengerjakan tugas pada pembelajaran daring di smk n 3 pati

PRATIWI, MONIKE (2021) Konseling behavioristik teknik self management untuk mengatasi kebiasaan tidak disiplin mengerjakan tugas pada pembelajaran daring di smk n 3 pati. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (562kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (252kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (253kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Perilaku tidak disiplin dalam mengerjakan tugas menyebabkan siswa mengalami masalah dalam pendidikan di sekolah maupun dalam pembagian waktu luang saat di rumah. Penyimpangan tersebut dapat mengakibatkan siswa tertinggal materi-materi pembelajaran, tertinggal dari teman-teman lainnya, tidak memahami pembelajaran yang diajarkan bahkan dapat mengakibatkan siswa tidak naik kelas. Kebiasaan tidak disiplin dalam mengerjakan tugas dan bahkan sering sekali melakukan kebiasaan buruk bagi siswa itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kebiasaan tidak disiplin dalam mengerjakan tugas pada pembelajaran daring, 2) mengatasi kebiasaan tidak disiplin dalam mengerjakan tugas pada pembelajaran daring melalui layanan behavioristik teknik self management di SMK N 3 Pati. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus bimbingan dan konseling. Subjek yang diteliti adalah peserta didik SMK 3 Pati tahun ajaran 2020/2021, sebanyak 2 siswa yang mempunyai permasalahan tidak disiplin dalam mengerjakan tugas. Metode dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif. Sehingga nantinya diperoleh data yang akurat terhadap permasalahan yang diteliti yakni permasalahan tidak disiplin dalam mengerjakan tugas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan konseling dilakukan 3 kali pertemuan terhadap konseli DGA dan NS. Permasalahan tidak disiplin dalam mengerjakan tugas terdapat dua faktor yaitu faktor internal DGA karena sulit mengendalikan mood untuk mengerjakan tugas serta NS lebih banyak membantu ibunya ketika di rumah dan kurang bisa mengatur waktunya dengan baik dan faktor eksternal DGA yaitu kurang perhatian orang tua sedangkan NS selalu dituntut orang tua untuk membantu pekerjaan rumah. Upaya mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan konseling behavioristik teknik Self Management konseli dapat mengatasi tidak disiplin mengerjakan tugas pembelajaran daring dapat mengubah perilaku yang maladaptive menjadi adaptif. Simpulan penelitian ini bahwa penerapan layanan konseling behavioristic teknik self management dapat memberikan perubahan perilaku pada siswa yang mengalami malas belajar sehingga siswa menjadi rajin belajar, tidak berkegiatan lain yang tidak sesuai dengan waktunya, tidak main handphone, tidak meninggalakan kelas pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Dra. Sumarwiyah, M.Pd.,Kons. Pembimbing 2. Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd.
Kata Kunci: Konseling Behavioristik, Teknik Self Management. Tidak Disiplin.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 10 Oct 2021 20:46
Last Modified: 10 Oct 2021 20:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15377

Actions (login required)

View Item View Item