Setyawan, Rizqy Alfattah (2021) Tenth grade science program students’ difficulties in mastering english vocabulary in sma muhammadiyah kudus in academic year 2020/2021. Sarjana thesis, UMK.
Text (HAL DEPAN)
1. HL COVER.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
2. BAB I.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
3. BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
4. BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
5. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
6. BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penguasaan kosakata berperan penting dalam menunjang kemampuan berbahasa. Kosa kata merupakan salah satu elemen bahasa yang perlu dikuasai. Kosakata merupakan salah satu elemen bahasa yang harus dipelajari dan diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dan faktor kesulitan dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris. Pesertanya adalah 21 siswa yang merupakan peserta program IPA kelas X SMA Muhammadiyah Kudus Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan studi kasus kualitatif untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris dan faktor-faktor penyebab kesulitan siswa tersebut. Peneliti mengumpulkan data melalui kuesioner pada 21 partisipan dan wawancara pada 3 partisipan. Kemudian peneliti menganalisis data dengan menghitung persentase dari setiap pernyataan dan menginterpretasikan hasilnya. Selanjutnya peneliti mengklasifikasikan berdasarkan kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat aspek kesulitan siswa dan faktor kesulitan siswa. Dari aspek pengucapan masalah besar bagi siswa adalah tentang dua kata yang memiliki pengucapan yang sama dengan jumlah 67%. Kemudian untuk aspek ejaan, 57% siswa setuju pada kesulitan mengeja kata dalam bahasa Inggris dan mengeja vokal. Untuk aspek tata bahasa, 71% siswa menyatakan setuju pada kesulitan memahami verba dua. Dan yang terakhir, aspek makna. 90% siswa setuju dalam kesulitan memahami sinonim. Dari aspek tidak belajar di rumah, 3 siswa tersebut malas dan tidak ada waktu. Kemudian enggan membuka kamus, 3 siswa tidak pernah membuka kamus dan merasa bosan. Kemudian kehilangan aspek motivasi, 3 siswa sulit memahami pelajaran bahasa Inggris. Terakhir, kurang minat dan tidak fokus, 3 siswa selalu ngantuk di kelas. Pada akhir penelitian, peneliti menyarankan agar siswa mampu mengidentifikasi masalahnya sendiri, sehingga mereka dapat menemukan strategi dan metode yang sesuai dengan dirinya, sedangkan guru harus membantu siswa dalam mengatasi permasalahannya. Guru juga diharapkan dapat memberikan pengajaran yang lebih untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: (1) Rusiana, S.Pd., M.Pd (2) Mutohhar, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | kesulitan siswa, faktor kesulitan, penguasaan kosakata |
Subjects: | Bahasa dan sastra > Sastra Inggris |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 10 Oct 2021 21:05 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 21:05 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15383 |
Actions (login required)
View Item |