The students’ perception of positive reinforcement in english online learning

SUISMI, DINA (2021) The students’ perception of positive reinforcement in english online learning. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of hal judul] Text (hal judul)
Halaman judul.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of bab 1] Text (bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (859kB)
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (973kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Inggris adalah dengan memberikan penguatan positif (positive reinfocement). Guru memberikan penguatan positif (positive reinfocement) kepada siswa yaitu ketika siswa mengikuti proses pembelajaran yang dilaksanakan secara offline. Tetapi, pandemi Covid-19 saat ini mengakibatkan proses pembelajaran harus dilaksanakan secara online. Tujuan dari penelitian ini berdasarkan permasalahan tersebut adalah untuk menemukan jenis ekspresi penguatan positif (positive reinfocement) apa saja yang didapatkan oleh siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris secara online dan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penguatan positif (positive reinfocement) dalam pembelajaran bahasa Inggris secara online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa yang berasal dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris pada semester enam. Dan untuk menganalisis hasil dari data tersebut, peneliti mencantumkan hasil jawaban yang ditulis siswa dikuesioner kedalam tabel kemudian menginterpretasikannya. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan jawaban dari siswa peneliti menemukan bahwa terdapat dua jenis penguatan positif (positive reinfocement) yang didapatkan oleh siswa, yaitu penguatan verbal (verbal reinfocement) dan juga penguatan non-vebal (non-vebal reinfocement). Dan persepsi siswa terhadap penguatan positif (positive reinfocement) dalam pembelajaran bahasa Inggris secara online adalah siswa dapat lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, dapat memahami materi dengan lebih baik, dan juga rasa percaya diri siswa menjadi lebih meningkat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam pembelajaran bahasa Inggris secara online siswa mendapatkan dua jenis penguatan positif (positive reinfocement) yaitu penguatan verbal (verbal reinfocement) dan juga penguatan non-vebal (non-vebal reinfocement). Dan dengan adanya penguatan positif (positive reinfocement) dalam pembelajaran bahsa Inggris secara online, siswa dapat lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, dapat memahami materi dengan lebih baik, dan juga rasa percaya diri siswa menjadi lebih meningkat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Dr. A. Hilal Madjdi, M.Pd pembimbing 2 :Agung Dwi Nurcahyo, S.S, M.Pd
Kata Kunci: Persepsi, Penguatan Positif, Pembelajaran Bahasa Inggris secara Online
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 10 Oct 2021 22:41
Last Modified: 10 Oct 2021 22:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15399

Actions (login required)

View Item View Item