Kepribadian dan nilai pendidikan tokoh sultan pada novel nuraga karya sahlil ge kajian: psikoanalisis sigmund freud

MUSHOFFA, ZUYYINATUL (2021) Kepribadian dan nilai pendidikan tokoh sultan pada novel nuraga karya sahlil ge kajian: psikoanalisis sigmund freud. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of hqal judul] Text (hqal judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (644kB)
[thumbnail of bab 1] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (252kB)
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (979kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (394kB)
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (895kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) unsur pembangun yang ada di dalam novel Nuraga karya Sahlil Ge, (2) kepribadian tokoh utama dalam novel, dan (3) apa saja nilai pendidikan yang terdapat di dalam novel Nuraga. Kepribadian merupakan sebuah organisasi yang dinamis dalam diri setiap individu dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Metode yang diterapkan pada penelitian ini adalah dekriptif kualitatif untuk memaparkan berbagai informasi yang terdapat di dalam novel Nuraga. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca dan teknik catat. Untuk penelitian ini menggunakan analisis heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan hasil dan pembahasan dari penelitian ini, dapat dsimpulkan bahwa novel Nuraga karya Sahlil Ge terdapat (1) unsur intrinsik berupa tema yang meliputi romansa, impian, dan kehidupan pondok pesantren, alur peristiwa, konflik, dan klimaks, tokoh (penokohan) dengan tokoh utama Sultan dan Astrid dan tokoh tambahan seperti Kiai Adam, Mas Mahfuz, Mas Tora dan lain-lain, latar yang meliputi latar tempat, latar waktu, dan latar sosial budaya, serta sudut pandang pesona pertama “aku” sebagai tokoh utama dan tokoh tambahan. Serta terdapat unsur ekstrinsik mengenai fakta-fakta novel Nuraga. Selain hal tersebut terdapat (2) struktur kepribadian dari tokoh Sultan berupa Id yaitu Keinginan Sultan menikah muda, ketidak inginan Sultan berjodoh, ketidakinginan Sultan masuk ke pabrik, Ego Sultan yaitu berdoa agar tidak berjodoh dengan Astrid, meminta bantuan kepada Astrid, menelpon Mas Mahfuz, ketika Sultan menyangkal perasaannya, Sultan mengaku untuk pertama kalinya tidak ingin mendoakan seseorang, Sultan mencoba bertanya mengenai pendapat Astri, tempramen Sultan yang tiba-tiba naik, Sultan mendiamkan Astrid, Sultan menginginkan agar Astrid ikut dengannya kuliah ke Turki, Setika dengan tegas Sultan ingin agar Astrid kuliah di Turki bersama Sultan, serta Super-ego tokoh Sultan yaitu berupa Sultan yang memberikan saran, Sultan tidak ingin ada gangguan konsentrasi yang mungkin saja terjadi jika sampai Astrid sendiri dan semua orang tahu mengenai kabar dirinya yang akan dipasangkan dengan Astrid, Sultan menghindari tindakan yang dapat menimbulkan kesalahpahaman, Sultan menawarkan tempat untuk menginap, Sultan membantu Astrid, Sultan memilih untuk meredam perasaannya, Sultan berulang kali membenak untuk berhenti melantunkan puisi, Bagi Sultan dirinya akan siap menikah jika seandainya Astrid juga siap menikah dengan Sultan, Sultan meminta maaf kepada Astrid, Sultan tidak ingin Astrid mengorbankan mimpinya, Sultan tetap mengucapkan selamat kepada Astrid, dan Sultan mengizinkan Astrid kuliah di universitas yang berbeda.dengannya dianggap sebagai aspek moral yang memperjuangkan kesempurnaan. (3)nilai pendidikan di dalam novel Nuraga karya Sahlil Ge yaitu nilai pendidikan agama berupa berdoa, beriman, berzikir, rida, bersyukur, kadar kesalehan seseorang. Nilai pendidikan moral berupa sopan terhadap orang tua, saling menolong, meminta maaf, tidak ingin kalah, sikap bijaksana, nasihat nikah muda, bantuan moral. Nilai pendidikan sosial berupa berteman dan cinta tanah air. Seta nilai pendidikan budaya yaitu menghafal dan adab berganti pakaian.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd pembimbing 2 :Luthfa Nugraheni, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Novel, Psikoanalisis, Aspek Kepribadian, Nilai Pendidikan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: DDC > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 11 Oct 2021 19:00
Last Modified: 11 Oct 2021 19:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15409

Actions (login required)

View Item View Item