penerapan pendekatan concrete pictorial abstract (cpa) berbantuan media jarkuba apk terhadap koneksi matematis siswa kelas v sd 3 mayahan

FALENTINA IMELDA, IFANA (2021) penerapan pendekatan concrete pictorial abstract (cpa) berbantuan media jarkuba apk terhadap koneksi matematis siswa kelas v sd 3 mayahan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of hal judul] Text (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (449kB)
[thumbnail of bab 1] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (226kB)
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (954kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (124kB)
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan rendahnya koneks matematis siswa pada materi jaring-jaring bangun ruang sederhana balok dan kubus. Rendahnya koneksi matematis siswa ini terlihat dari rata-rata koneksi matematis siswa yang hanya 53,41. Sehubung dengan pernasalahan tersebut, Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menguji rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa (2) Menguji kemampuan koneksi matematis siswa dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), (3) Menguji apakah pengaruh aktivitas siswa dalam menggunakan pendekatan CPA berbantuan media Jarkuba Apk terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain pretest posttest group design. Penelitian mengambil satu sampel dari SD 3 Mayahan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan koneksi matematis, sedangkan variabel bebasnya adalah pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) berbantuan media pembelajaran Jarkuba Apk. Penelitian ini dilaksanakan selama enam kali pertemuan dengan teknik pengumpulan data analisis kuantitatif berupa tes koneksi matematis siswa. Analisis data akhir meliputi uji normalitas, uji hipotesis penelitian yang terdiri dari uji perbandingan rata-rata, uji ketuntasan belajar, dan analisis aktivitas belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) berbantuan media jarkuba Apk. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil penerapan pendekatan CPA berbantuan media Jarkuba Apk terhadap koneksi matematis siswa dapat mencapai KKM 74 % dari jumlah siswa. Pembelajaran yang digunakan memiliki perbedaan yang signifikan terhadap koneksi matematis siswa. adanya perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest dari hasil uji t diperoleh Sig = 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima. Hal tersebut berarti terdapat perbedaan rata-rata koneksi matematis siswa sebelum dan sesudah penerapan pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) berbantuan media Jarkuba Apk. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa aktivitas belajar berpengaruh terhadap koneksi matematis siswa sebesar 50,7%.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 ;Henry Suryo Bintoro, M.Pd pembimbing 2 ;Jayanti Putri Purwaningrum, M.Pd
Kata Kunci: Koneksi Matematis, Pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA), Media Jarkuba Apk.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi > Ekonomi sebagai ilmu. Hubunugan dengan subjek lain
Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 11 Oct 2021 19:46
Last Modified: 11 Oct 2021 19:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15427

Actions (login required)

View Item View Item