Pengembangan matlisbasiid dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis Siswa kelas iv sd

MUKTIANA, SOFIA (2021) Pengembangan matlisbasiid dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis Siswa kelas iv sd. Sarjana thesis, UMK.

[img] Text (HAL JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (622kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (250kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (924kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: https://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis desain dan menganalisis kevalidan Matlisbasiid dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis keliling dan luas bangun datar. Penelitian ini dilatar belakangi proses pembelajaran daring yang dilakukan guru adalah metode penugasan melalui grup whatsapp jarang menyampaikan materi pada siswa karena tidak boleh tatap muka secara langsung. Matlisbasiid adalah media pembelajaran berupa aplikasi menunjang proses pembelajaran matematika secara daring yang dapat dioperasikan melalui android atau handpohe dan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis. Penelitian dan pengembangan dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Bringin dengan subjek uji coba terbatas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematis, validasi kepraktisan media, validasi media, angket respon siswa, wawancara, dan catatan anekdot. Validator yaitu ahli materi, ahli media, guru, dan siswa sebagai respon. Analisis data hasil tes pemahaman konsep dengan uji t dan uji normalitas, hasil validasi dan respon siswa dengan rumus perhitungan skor yang diperoleh dan dianalisis dengan kriteria validasi, dan hasil wawancara dan catatan anekdot dianalasis dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Matlisbasiid didesain berupa multimedia interaktif berbasisi android yang dapat dioperasikan secara offline khusus muatan matematika materi keliliing dan luas bangun datar sesuai dengan indikator pemahaman konsep matematis untuk memudahkan dalam proses pembelajaran daring dan meningkatkan pemahaman konsep matematis. Hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata 92,5% menunjukkan kategori sangat layak, dapat digunakan tanpa revisi. Hasil validasi ahli media diperoleh rata-rata 88,9% menunjukkan kategori sangat layak, dan dapat digunakan tanpa revisi. Berdasarkan hasil rata-rata validasi ahli materi dan ahli media menyatakan bahwa Matlisbasiid sangat layak dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siwa dan dapat digunakan tanpa revisi tetapi terdapat saran dari validator. Penelitian ini hendaknya guru dapat mengembangkan media serupa dengan Matlisbasiid disesuaikan dengan materi ajar dan siswa perlu bimbingan orang tua dalam menggunakan Matlisbasiid agar siswa tidak terpengaruh hal negatif dari android.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Siti Masfuah, M.Pd. Pembimbing 2. Jayanti Putri Purwaningrung, M.Pd.
Kata Kunci: Matlisbasiid, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Keliling dan Luas Bangun datar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 11 Oct 2021 19:59
Last Modified: 11 Oct 2021 19:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15429

Actions (login required)

View Item View Item