Kemandirian siswa dalam belajar daring melalui whatsapps di desa sidigede kecamatan welahan kabupaten jepara pada masa pandemi covid-19

RAHIM, YANI (2021) Kemandirian siswa dalam belajar daring melalui whatsapps di desa sidigede kecamatan welahan kabupaten jepara pada masa pandemi covid-19. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (869kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (395kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (950kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (371kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi beberapa anak di Desa Sidigede masih kurang mandiri dalam menyelesaikan tugas di masa pandemi Covid-19 ini. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemandirian belajar daring melalui aplikasi whatsapp siswa SD di Desa Sidigede Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara di masa pandemi Covid-19, (2) Mendeskripsikan peran orang tua untuk mengatasi belajar anak di Desa Sidigede Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara di masa pandemi Covid-19. Hal ini dibuktikan dengan wawancara awal dengan salah seorang siswa dan guru bahwa dalam mengerjakan tugas di masa pandemi Covid-19 ini siswa masih bergantung kepada orang lain. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan analisis secara deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sidigede Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. Objek yang akan diteliti adalah kemandirian belajar daring melalui aplikasi whatsapp siswa sekolah dasar di Desa Sidigede Kecamatan Kabupaten Jepara pada masa pandemi Covid-19. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru, siswa sekolah dasar di Desa Sidigede, dan orang tua siswa. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini didapatkan melalui dokumentasi, buku referensi, artikel, catatan penelitian serta data pendukung lainnya. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa di Desa Sidigede Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara diketahui masih rendah dalam kemandirian belajarnya ini menunjukkan bahwa para siswa belum cukup siap untuk belajar secara daring, penyebabnya adalah karena kebiasaan belajar. Peran oang tua dalam mengatasi belajar anak yaitu dengan memberikan bimbingan dan menggunakan jasa guru les pribadi untuk anaknya. Hal tersebut dilakukan agar anaknya dapat memahami pembelajaran selama pandemi. Penelitian ini hendaknya orang tua untuk membiasakan belajar mandiri, tidak selalu bergantung pada orang lain, percaya diri, dan bertanggung jawab. Apabila kebiasaan tersebut dilakukan, maka kemandirian belajar yang baik akan tertanam pada diri siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Fina Fakhriyah, M.Pd. (2) Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A.
Kata Kunci: Kemandirian, Pembelajaran Daring, Aplikasi Whatsapp
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 11 Oct 2021 21:21
Last Modified: 11 Oct 2021 21:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15432

Actions (login required)

View Item View Item