Pola asuh keluarga dalam pembentukan karakter sopan santun pada anak di desa sitirejo kecamatan tambakromo kabupaten pati

YULIANA, DEWI (2021) Pola asuh keluarga dalam pembentukan karakter sopan santun pada anak di desa sitirejo kecamatan tambakromo kabupaten pati. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (678kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (234kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (111kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk pola asuh keluarga dalam upaya membentuk karakter sopan santun yang diterapkan kepada anak usia sekolah dasar di Desa Sitirejo. Pola asuh adalah segala bentuk ekspresi orang tua dalam memelihara, menjaga, membimbing, membina, dan mendidik anaknya sehingga dapat mempengaruhi jiwa sosial emosional anak sejak kecil hingga dewasa. Terdapat empat jenis pola asuh, meliputi: pola asuh otoriter, pola asuh demokratis dan pola asuh permisif. Setiap jenis pola asuh tentunya akan memiliki dampak yang berbeda pada setiap anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Tempat penelitian ini dilaksanakan di Desa Sitirejo, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati. Objek yang telah diteliti adalah pola asuh keluarga yang diterapkan dalam membentuk karakter sopan santun pada anak. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah keluarga terutama orang tua, siswa atau anak itu sendiri, dan tetangga sekitar. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari dokumentasi dan catatan penelitian, serta data pendukung lainnya yaitu buku referensi dan jurnal penelitian relevan yang terkait dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan pencatatan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memberikan bentuk pengasuhan orang tua di Desa Sitirejo menggunakan bentuk pengasuhan demokratis, otoriter, dan permisif. Pola asuh demokratis membuat anak dapat berperilaku sopan santun dengan maksimal, pola asuh otoriter dapat membuat anak berperilaku sopan santun dengan maksimal, sedangkan pola asuh permisif membuat anak berperilaku sopan santun dengan kurang maksimal. Meskipun berbeda cara pengasuhan tetapi orang tua sama-sama membiasakan anaknya untuk berperilaku sopan santun, seperti berbahasa krama, tidak berkata kotor, menerima segala sesuatu dengan tangan kanan, menghormati yang lebih tua dll. Adapun saran dalam penelitian ini bagi orang tua diharapkan mampu memberikan pengasuhan yang benar bagi anak sehingga ia memiliki sikap sopan santun yang tinggi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd. Pembimbing 2 Ika Oktavianti, M.Pd.
Kata Kunci: Pola Asuh Keluarga, Karakter Sopan Santun
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Oct 2021 20:10
Last Modified: 12 Oct 2021 20:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15462

Actions (login required)

View Item View Item