Pendekatan rational-emotive behavior therapy (rebt) teknik cognitive disputation untuk mengatasi distress dalam aktivitas belajar daring masa pandemi covid-19

SAFITRI, ERLINA AYU (2021) Pendekatan rational-emotive behavior therapy (rebt) teknik cognitive disputation untuk mengatasi distress dalam aktivitas belajar daring masa pandemi covid-19. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (946kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (289kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (187kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Pandemi Covid-19 telah mengganggu pembelajaran secara konvensional maka diperlukan kebijakan baru sebagai solusi dari permasalahan tersebut, sehingga dapat meminimalisir adanya kerumunan yang dapat menyebabkan penularan Virus Covid-19 dengan cepat. Pembelajaran daring yaitu merupakan pembelajaran yang memanfaatkan teknologi multimedia, video, kelas virtual, teks online animasi, pesan suara, email, telepon konferensi, dan video streaming online. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Menemukan faktor penyebab Distress pada remaja IPNU Desa Margomulyo dalam aktivitas belajar secara daring masa pandemi Covid-19, 2. Membantu siswa mengatasi Distress melalui pendekatan Rational-Emotive Therapy (REBT) teknik Cognitive Disputation dalam aktivitas belajar daring masa pandemi Covid-19 pada remaja IPNU Desa Margomulyo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dirancang dalam bentuk studi kasus. Pendekatan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) Teknik Cognitive Disputation untuk Mengatasi Distress dalam Aktivitas Belajar Daring Masa Pandemi Covid-19”. bertujuan untuk mengubah pemikiran remaja IPNU yang irasional menjadi pemikiran yang rasional sehingga remaja IPNU mampu meminimalisir Distress serta mampu mengikuti aktivitas belajar daring pada masa pandemi Covid-19 secara optimal. Subjek yang diteliti adalah ARS dan RWA remaja yang mempunyai permasalahan Distress dalam aktivitas belajar daring masa pandemi Covid-19. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Wawancara, 2) Observasi, 3) Dokumentasi, dan 4) Home Visit. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah induktif. Analisis data yang digunakan yaitu data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penyebab masalah Distress adalah terbentuknya pemikiran yang irasional oleh konseli. Untuk membantu individu dalam mengatasi pemikiran irasional yang muncul adalah dengan menggunakan Pendekatan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) Teknik Cognitive Disputation.. Dengan menggunakan Pendekatan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) Teknik Cognitive Disputation dapat menghasilkan perubahan tingkah laku pada konseli dalam mengatasi Distress. Hal ini terlihat dari perubahan tingkah laku pada konseli ARS dan RWA, setelah mendapatkan konseling sebanyak tiga kali pertemuan, yaitu ARS yang awalnya selalu berfikir irasional dengan memilih tidur dan tidak mengerjakan tugas saat belajar daring, kemudian harus ada teman kalau belajar, menjadi mudah marah dan mengalami gangguan kesehatan baik fisik maupun psikologis. Setelah melaksanakan konseling Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) Teknik Cognitive Disputation konseli menjadi bersemangat dalam belajar dan menyadari tanggung jawabnya sebagai pelajar yaitu belajar dengan baik dan memenuhi tugas dari sekolah. RWA yang awalnya tidak mau mengerjakan tugas, memilih menonton youtube saat ada tugas, merasa tidak percaya diri terhadap kemampuannya sering marah dan berfikir negatif terhada tuntutan orang tua, jadi sering marah, dan tidak mau les, an mengalami gejala Distress yaitu pusing dan cemas. Setelah melaksanakan konseling Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) Teknik Cognitive Disputation konseli mengalami perubahan yaitu sudah menyadari bahwa mengerjakan tugas sekolah adalah tugasnya sebagai pelajar, menanggapi dengan positif tuntutn orang tua karena hal tersebut baik untuknya, mau mengikuti les. Saran: (1) Kepada remaja IPNU, Remaja IPNU Desa Margomulyo diharapkan mereka mampu untuk tetap berpikir positif dan rasional dalam menghadapi setiap tantangan dan tuntuntan dari lingkungan, dan mampu mendebat pemikira yang irasional dalam diri, agar terhindar dari Distress selama aktivitas belajar daring masa pandemi Covid-19. (2) Ketua IPNU, ketua IPNU Desa Margomulyo diharapkan dapat menggunakan hasil pertemuan dengan peneliti untuk digunakan sebagai cara memberikan informasi mengenai pentingnya berfikir positif dan rasional dalam menyikapi aktivitas belajar daring dimasa pandemi Covid-19. Dan diharapkan ketua IPNU bisa lebih memperhatikan kondisi anggota IPNU nya. (3) Orang tua, Orangtua diharapkan dengan adanya informasi baru mengenai permasalahan yang terjadi pada anak-anak mereka, orang tua konseli mampu mengatasi permasalahan yang terjadi pada konseli dan menjadi pemahaman baru. (4) Peneliti, Peneliti diharapkan kedepannya bisa meningkatkan kemampuannya dalam memberikan layanan konseling individu guna membantu mengatasi masalah yang dialami oleh remaja, dengan menerapkan teknik-teknik dalam konseling yang sesuai dengan permasalahan yang dialami oleh remaja., serta dapat memberikan pelayanan konseling yang lebih baik dan nyaman sehingga dapat memberikan hasil yang optimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd. Pembimbing 2 Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd,Kons.
Kata Kunci: Pendekatan Rational-Emotive Behavior Therapy, Mengatasi Distress, Belajar Daring Masa Pandemi Covid-19.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Oct 2021 20:16
Last Modified: 12 Oct 2021 20:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15463

Actions (login required)

View Item View Item