Konseling behavioristik dengan teknik self management Untuk mengatasi ketidaksopanan dalam berbicara pada remaja desa gribig

KURNIANTI, YOSEFINA CAHAYA (2021) Konseling behavioristik dengan teknik self management Untuk mengatasi ketidaksopanan dalam berbicara pada remaja desa gribig. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (596kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (172kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (254kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menemukan faktor penyebab remaja di desa Gribig tidak sopan dalam berbicara. 2) Meningkatkan etika kesopanan dalam berbicara pada remaja di desa Gribig dengan menerapkan konseling behavioristik dengan teknik self management. Kesopanan merupakan aturan terhadap perilaku yang ditunjukkan seseorang terhadap orang lain dalam berbicara maupun tingkah laku. Kesopanan dalam berbicara seringkali dilupakan oleh kebanyakan remaja di generasi milenial ini. Kurangnya aturan dalam berbicara membuat remaja menjadi semaunya sendiri tanpa berpikir panjang untuk masa mendatang. Untuk membantu mengatasi remaja yang mengalami ketidaksopanan dalam berbicara, peneliti menggunakan pendekatan behavioristik teknik Sself Management. Konseling behavioristik yaitu suatu pendekatan yang berfokus pada tingkah laku manusia yang maladatif yang berasal pada proses belajar terhadap lingkungannya. Self Management merupakan teknik yang dilakukan dalam proses perubahan tingkah laku, yang dimana konseli diberikan kesempatan untuk mengontrol perilaku yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dirancang dalam bentuk studi kasus. Subjek yang diteliti yaitu, N dan P remaja yang mengalami ketidaksopanan dalam berbicara. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi sehingga konselo dapat memperoleh data yang akurat penyebab ketidaksopanan dalam berbicara pada remaja. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah konseli diberikan Konseling Behavioristik teknik Self Management konselor mengetahui penyebabnya. Yang terbiasa berkata-kata kasar saat berbicara, suka nongkrong diluar sampai lupa waktu, membantah orang yang mengkritik atau memberi masukan terhadap konseli, dan terbiasa mengobrol sambil bermain HP. Untuk membantu konseli dalam mengatasi ketidaksopanan dalam berbicara maka konselor menerapkan konseling behavioristik dnegan teknik Self Management. Yang diharapkan tidak lagi menggunakan kata-kata yang kasar atau tidak sopan dalam berbicara, mengganti kebiasaan nongkrong dengan mengerjakan tugas sekolah atau hal yang positif, menerima masukan dan kritikan dari orang lain, dan tidak lagi bermain HP saat sedang ngobrol atau berbicara. Saran: 1) Kepada remaja, diharapkan remaja menyadari pentingnya mengatur perilaku dalam diri remaja. Sehingga sebagai remaja harus berprinsip tegas sehingga mampu menjadi remaja yang tumbuh dengan sikap yang berkualitas.2) Peneliti diharapkan peneliti dapat melatih kesabaran dan meningkatkan lagi kemampuannya untuk memberikan layanan konseling individu untuk membantu mengatasi masalah yang dialami oleh konseli, dengan menerapkan teknik-teknik dalam konsleing yang sesuai dengan permasalahan yang dialami oleh konseli, serta dapat memberikan pelayanan konseling yang lebih baik dan nyaman sehingga dapat memberikan hasil yang optimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Santoso, M.Pd Pembimbing 2 Nur Mahardika, M.Pd.
Kata Kunci: Konseling Behavioristik, Self Management, Ketidaksopanan Dalam Berbicara Pada Remaja.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Oct 2021 20:32
Last Modified: 12 Oct 2021 20:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15465

Actions (login required)

View Item View Item