SUKMA, RECHA RAHMASARI (2021) Konseling realitas untuk meningkatkan kemandirian belajar dalam pembelajaran daring pada siswa smk negeri 1 kudus. Sarjana thesis, UMK.
Text (Hal Depan)
1. HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (661kB) |
|
Text (Bab 1)
2. BAB I.pdf - Accepted Version Download (249kB) |
|
Text (Bab 2)
3. BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
4. BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
5. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (350kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
6. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (219kB) |
|
Text (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menemukan faktor-faktor siswa yang kurang dalam kemandirian belajar yang melalui Konseling Realitas pada siswa SMK Negeri 1 Kudus. (2) Meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui penerapan Konseling Realitas pada siswa SMK Negeri 1 Kudus. Konseling Realitasadalah suatu model konseling yang mengusahakan untuk memberikan bantuan secara praktis, realitas sederhana dengan melalui bentuk pertolongan secara langsung pada konseli yang difokuskan kepada tingkah laku sekarang dengan memperhatikan peristiwa di masa lalu sehingga mampu mengahadapi masa depannya dengan rasa tanggung jawab pribadi dan penuh optimis.Kemandirian belajar adalah salah satu faktor penting dalam suatu proses pembelajaran. Sebab kemandirian dapat melatih peserta didik semakin bertanggung jawab dan tidak selalu bergantung pada orang lain. Kemandirian yang dimiliki peserta didik juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri serta semakin cepat dalam menerima dan memahami materi pelajaran apalagi disaat pembelajaran daring ini berlangsung.Kondisi pandemi saat ini menuntut pendidik dalam hal ini adalah guru untuk berinovasi mengubah pola pembelajaran tatap muka menjadi pola pembelajaran tanpa tatap muka. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data induktif sistem Bacoon, yaitu mengumpulkan faktor-faktor tentang kondisi konseli, kemudian baru dapat ditarik kesimpulan tertentu atau pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, studi kasus adalah suatu metode penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data tentang individu yang berguna untuk membantu menyelesaikan masalah konseli. Subjek penelitian siswa SMK Negeri 1 Kudus. Terdapat dua siswa yang mempunyai kemandirian belajar yang kurang yaitu HKW dan ATT yang ditentukan berdasarkan data penelitian yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikkan bahwa penerapan Konseling Realitas dapat meningkatkan meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran daring siswa di SMK Negeri 1 Kudus. Berdasarkan hasil penelitian Konseling Realitas ini hendaknya guru bimbingan dan konseling bisa menggunakannya untuk memperhatikan dan mengenali permasalahan siswa untuk membantu mengatasi untuk kurangnya kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., Kons, Pembimbing 2 Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons. |
Kata Kunci: | Reality Counseling. Independent Learning |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 20:47 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 20:47 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15467 |
Actions (login required)
View Item |