Pengembangan media manipulatif puzzle berbasis pendekatan realistic mathematic education dalam meningkatkan komunikasi matematis siswa kelas iv materi luas bangun datar

KANASTREN, OKTAVERA RIRI (2021) Pengembangan media manipulatif puzzle berbasis pendekatan realistic mathematic education dalam meningkatkan komunikasi matematis siswa kelas iv materi luas bangun datar. Master thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (609kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (374kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (854kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (347kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi kebutuhan guru terhadap media manipulative Puzzle untuk meningktkan komunikasi matematis siswa kelas IV pada materi luas bangun datar, (2) untuk mengembangkan media manipulatif Puzzle dalam meningkatkan komunikasi matematis siswa kelas IV materi bangun datar, (3) untuk mengetahui kelayakan media manipulatif Puzzle dalam meningkatkan komunikasi matematis siswa kelas IV materi bangun datar. Adapun jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau disebut juga dengan Research and Development. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dari Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan. Analisa hasil penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Adapun intrumen penelitiannya berupa pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman angket. Hasil penelitian ini adalah: 1) hasil angket kebutuhan guru dan siswa bahwa perlu adanya media puzzle untuk pembelajaran materi luas bangun datar. 2) Proses pengembangan media Puzzle dalam peningkatan komunikasi matematis siswa kelas IV materi luas bangun datar dimulai dari desain media dan buku panduan kemudian diuji validasi ahli media dan ahli materi lalu dilakukan revisi. 3) Uji efektifitas media pembelajaran puzzle berbasis pendekatan RME berdasarkan analisis statistik bahwa media pembelajaran cukup efektif dapat digunakan dalam pembelajaran berdasarkan nilai sig 0,000 lebih besar dari 0,05 dan t-hitung 21.902 > t-tabel 2.04227.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Dr. Su’ad, M.Pd., Pembimbing 2. Dr. Mochamad Widjanarko, M.Si,
Kata Kunci: Media Puzzle, Kemampuan Komunikasi Matematika, Realistic Mathematic Education
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Oct 2021 21:22
Last Modified: 12 Oct 2021 21:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15469

Actions (login required)

View Item View Item