Students' perceptions on using Google translate application as media in Learning pronunciation at tenth grade of Man 1 kudus in academic year 2020/2021

USWATUN HASANAH, INDAH (2021) Students' perceptions on using Google translate application as media in Learning pronunciation at tenth grade of Man 1 kudus in academic year 2020/2021. Sarjana thesis, UMK.

[img] Text (hal judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (771kB)
[img] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (bab 6)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Sejak pandemic covid-19 yang terjadi di Indonesia, kegiatan belajar mengajar harus dilakukan secara online. Oleh karena itu, untuk meningatkan kemampuan pelafalan siswa, pengajar menyarankan kepada siswa untuk menggunakan aplikasi Google Translate sebagai media untuk belajar pelafalan secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap penggunaan aplikasi Google Translate dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam menggunakan aplikasi Google Translate sebagai media dalam mempelajari pelafalan. Google Translate merupakan aplikasi yang memiliki berbagai fitur, salah satunya adalah fitur pelafalan yang dapat mengubah suara menjadi teks. Fitur ini dapat digunakan siswa untuk melatih kemampuan siswa dalam mengucapkan kata kata sulit. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Peserta penelitian ini adalah siswa kelas sepuluh MAN 1 Kudus. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrument yang diberikan kepada 15 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan persepsi siswa terhadap penggunaan aplikasi Google Translate sebagai media dalam belajar pelafalan adalah positif, karena siswa dapat belajar secara praktis dan mandiri. Sedangkan kendala yang ditemukan siswa saat belajar pelafalan menggunakan Google Translate adalah aplikasi Google Translate sering error, tidak bisa digunakan secara offline, loading memakan waktu lama, dan akurasinya rendah. Untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan pelafalan, sisa dapat menggunakan aplikasi Google Translate sebagai media belajar. Untuk meminimalisir kendala yang terjadi saat menggunakan aplikasi Google Translate direkomendasikan untuk mengunakan Wi-Fi agar koneksinya bagus sehingga loading bisa lebih cepat dan mengurangi error.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Dr. A. Hilal Madjdi, M.Pd pembimbing 2 :Nuraeningsih, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Persepsi Siswa, Aplikasi Google Translate, Belajar Pelafalan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Institusi perorangan (Amerika serikat)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Oct 2021 22:25
Last Modified: 12 Oct 2021 22:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15483

Actions (login required)

View Item View Item