Pengaruh model pbl berbantuan aplikasi gagung duran tehadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi garis singgung dua lingkaran

ALBAB, ROYYANA ULYL (2021) Pengaruh model pbl berbantuan aplikasi gagung duran tehadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi garis singgung dua lingkaran. Sarjana thesis, UMK.

[img] Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (739kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (148kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (971kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (137kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Kurangnya siswa dalam berlatih menyelesaikan soal-soal yang non rutin menyebabkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil tes studi banding kemampuan pemecahan masalah siswa mencapai 63%. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk menganalisis perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Gagung Duran dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional; (2) Untuk menguji apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa sesudah diterapkan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Gagung Duran lebih baik daripada sebelumnya. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang bertujuan untuk untuk melatih siswa memecahkan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Aplikasi Gagung Duran merupakan media pembelajaran yang ditujukan membantu siswa untuk memahami sebuah materi atau menyelesaikan sebuah permasalahan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, desain yang dipakai dalam penelitian ini yaitu jenis true experimental. Sedangkan rancangan yang dipilih peneliti adalah the randomizes pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP 1 Mejobo kelas VIII teknik pendekatan Cluster Sampling. Data diperoleh dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data pada rumusan pertama menggunakan uji pra syarat dan uji indpendent sampel t test, rumusan kedua menggunakan uji prasyarat dan uji pairet sampel t test. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Gagung Duran dapat menjadikan siswa lebih mandiri dalam proses belajar serta siswa bisa memahami materi secara mendalam dengan cara melatih menyelesaikan masalah terkait dengan keseharian siswa Karena pelaksanaan pembelajaaran dilakukan sebanyak satu kali, maka kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah belum maksimal. Dengan penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol; (2) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum perlakuan lebih rendah dibandinkan sesudah diterapkan perlakuan. Untuk penelitian selanjutnya mungkin dalam pelaksanaan pebelajaran bisa disesuaikan dengan kemampuan siswa dan pencapaian pembelajaran yang akan dilakukan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 Dr. Sumaji, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Aplikasi Gagung Duran, Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa, Problem Based Learning.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Oct 2021 19:10
Last Modified: 13 Oct 2021 19:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15493

Actions (login required)

View Item View Item