Directive Dilivery in Skripsi Examination

-, Suprihadi (2010) Directive Dilivery in Skripsi Examination. Sosial dan Budaya, 3 (2). ISSN 1979-6889

[img]
Tinjau ulang
PDF - Published Version
Download (252Kb) | Tinjau ulang

    Abstrak

    ABSTRAK: Episode tanya jawab dalam sebuah ujian skripsi mahasiswa bersifat unik sehingga menarik untuk dikaji. Pertama, episode ini merupakan inti dari sebuah ujian skripsi sehingga dipersepsikan oleh mahasiswa sebagai sesuatu yang “manakutkan”. Kedua, peran, fungsi, dan hubungan antar kekuatan para pihak yang terlibat dalam ujian, yaitu para penguji dan mahasiswa teruji, sudah sangat jelas. Oleh karena itu tindak tutur dari para penguji diasumsikan akan cenderung direktif. Jenis penelitian ini adalah analisis wacana (discourse analysis). Korpus data dalam penelitian ini berupa satu sesi tanya jawab dalam sebuah ujian skripsi antara seorang mahasiswa (teruji) dengan dua orang penguji. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif, dengan pendekatan teori tindak tutur (speech act theory), atau yang oleh Eggins dan Slade (1997) disebut sebagai pendekatan logico-philosophic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) jenis tindak tutur yang dominan digunakan oleh para penguji skripsi adalah directives; 2) Tindak tutur direktif tersebut tidak diekspresikan langsung tapi melalui hubungan yang kompleks antara bentuk dan fungsi, yaitu antara permintaan dan pertanyaan (requests and questions) dan antara perintah dan anjuran (orders and suggestions): perintah dikemas dalam bentuk permintaan dan anjuran, dan bentuk permintaan dapat berfungsi sebagai pertanyaan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa ada kalanya penyuji melemparkan pertanyaan sungguhan (real questions), bukan pertanyaan dalam konteks ujian (exam questions), yang jawabannya sudah diketahui penanya/penguji. Saran untuk mahasiswa adalah agar mereka peka terhadap hubungan yang kompleks antara bentuk dan fungsi bahasa yang muncul dalam ujian skrisi sehingga mereka dapat memberikan respons yang tepat. Bagi dosen, penting kiranya membekali mahasiswa dengan strategi-strategi menempuh ujian, khususnya ujian skripsi sehingga mereka dapat lebih siap dalam menghadapi ujian. ABSTRACT: Question and answer episode in an exam a student thesis is unique, so interesting to study. First, this episode is at the core of a thesis examination so perceived by students as something "scary". Secondly, the role, function, and the relationship between the strength of the parties involved in the test, namely the examiners and the students tested, was very clear. Therefore, speech acts of the testers are assumed to be inclined directive. Kind of research is discourse analysis (discourse analysis). The corpus of data in this study form a question and answer session in a test between a student thesis (tested) with two testers. The analysis technique used is the qualitative analysis techniques, with approaches the theory of speech acts (speech act theory), or which by Eggins and Slade (1997) referred to as Logico-philosophic approach. The results showed that: 1) the dominant type of speech acts used by the testers thesis is directive, 2) Follow the said directive is not expressed directly but through a complex relationship between form and function, namely between requests and inquiries (requests and questions) and between command and advice (orders and suggestions): orders are packed in the form of requests and suggestions, and request forms can function as a question. This study also shows that there are times when penyuji throw a real question (real questions), not a question in the context of the exam (exam questions), the answer is already known to pen / testers. Advice for students is that they are sensitive to the complex relationship between form and function of language that appeared in the exam skrisi so that they can provide an appropriate response. For faculty, it is necessary to equip students with test taking strategies, especially the thesis exam so they can be better prepared in facing the exam.

    Tipe dokumen: Artikel
    Uncontrolled Keywords: speech acts, thesis, examination, Question and Answer, sociolinguistics, sosiolinguistik
    Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Sosiologi
    Bahasa dan sastra > Filologi. Linguistik.
    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
    Depositing User: Users 388 tidak ditemukan.
    Tanggal Deposit: 01 Mar 2012 12:48
    Last Modified: 01 Mar 2012 12:48
    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/155

    Actions (login required)

    View Item