Pengembangan game edukasi perkembangbiakan vegetatif buatan tumbuhan berbasis android pada pembelajaran ipa sd

ESTHI HIDAYAH, RALISTAMI (2021) Pengembangan game edukasi perkembangbiakan vegetatif buatan tumbuhan berbasis android pada pembelajaran ipa sd. Sarjana thesis, UMK.

[img] Text (hal judul)
Hal depan.pdf - Published Version

Download (846kB)
[img] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (daftarb pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (419kB)
[img] Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan 1) menganalisis kebutuhan media pembelajaran perkembangbiakan vegetatif buatan tumbuhan pada pembelajaran IPA; 2) mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran game edukasi perkembangbiakan vegetatif buatan tumbuhan berbasis android pada pembelajaran IPA; 3) menganalisis validitas media pembelajaran game edukasi berbasis perkembangbiakan vegetatif buatan tumbuhan android pada pembelajaran IPA; 4) menganalisis efektivitas media pembelajaran game edukasi perkembangbiakan vegetatif buatan tumbuhan berbasis android pada pembelajaran IPA. Penelitian ini jenis pengembangan (Research and Development) dengan model waterfall. Tahapan penelitian sebagai berikut: komunikasi, perencanaan, pemodelan, konstruksi, dan penyerahan perangkat lunak pada pengguna. Penelitian dilakukan pada 30 orang siswa di SD 1 Burikan, SD 2 Burikan, dan SD 2 Kaliputu sebagai kelompok eksperimen dan 30 orang siswa di SD 1 Wergu Kulon dan SD Kramat sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan angket, wawancara, dan tes. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan uji gain dan uji t pada taraf signifikansi 0,05. Media pembelajaran game edukasi perkembangbiakan vegetatif buatan tumbuhan berbasis android yang dikembangkan dengan bantuan SmartAppsCreator, dapat dimainkan pada android minimal versi KitKat RAM 1 GB. Produk yang dikembangkan terbukti valid. Persentase yang diperoleh dari 2 orang validator masing-masing 89,3% dan 88,6% dengan kualifikasi sangat valid. Penggunaan pembelajaran efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Klompok ekperimen mendaptakan skor rata-rata Gain 0, 5724 dengan kategori sedang, kelompok kontrol mendapatkan skor rata-rata Gain 0,1158 dengan kategori rendah. Dengan demikian peningkatannya lebih tinggi kelas eksperimen. Nilai thitung = 7,290 > ttabel = 1,701 dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran game edukasi perkembangbiakan vegetatif buatan tumbuhan berbasis android pada pembelajaran IPA SD dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Dr. Murtono, M. Pd pembimbing 2 :Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Kata Kunci: game edukasi, android, IPA, SD
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Oct 2021 19:52
Last Modified: 13 Oct 2021 19:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15507

Actions (login required)

View Item View Item