Pengaruh pola asuh demokratis terhadap kemampuan komunikasi interpersonal anak usia 10-12 tahun di desa panjang kecamatan bae kabupaten kudus

SARI, AL MEYDA SWASTIKA (2021) Pengaruh pola asuh demokratis terhadap kemampuan komunikasi interpersonal anak usia 10-12 tahun di desa panjang kecamatan bae kabupaten kudus. Sarjana thesis, UMK.

[img] Text (HAL JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Anak usia 10-12 tahun di Desa Panjang Kecamatan Bae Kabupaten Kudus masih sulit dalam membuka, menanggapi pembicaraan dan tidak fokus terhadap pembicaraan saat berkomunikasi interpersonal. Orang tua harus memberikan bimbingan dan arahan kepada anak dengan penerapan pola asuh yang tepat, yaitu pola asuh demokratis. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh positif pola asuh demokratis terhadap kemampuan komunikasi interpersonal anak usia 10-12 tahun di Desa Panjang Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Anak memiliki hak untuk berkomunikasi dengan teman sebaya atau orang disekitarnya secara antarpersonal atau interpersonal. Komunikasi interpersonal ini dilakukan secara tatap muka antar dua individu dengan menangkap reaksi percakapan secara baik. Kemampuan komunikasi interpersonal mulai terlihat pada masa akhir kanak-kanak usia 10-12 tahun dimana usia tersebut menjadi waktu perkembangan kritis individu dalam penyesuaian diri dan sosialnya. Jenis penelitian kuantitatif ini dengan metode ex post facto. Populasi penelitian seluruh anak usia 10-12 tahun di Desa Panjang dan pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pola asuh demokratis dan variabel terikat adalah kemampuan komunikasi interpersonal anak. Teknik pengumpulan data yang menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pola asuh demokratis orang tua anak usia 10-12 tahun Desa Panjang tergolong pada kategori sedang sebesar 58 %, (2) kemampuan komunikasi interpersonal anak usia 10-12 tahun Desa Panjang tergolong pada kategori sedang sebesar 62,5%, (3) terdapat pengaruh positif signifikan pola asuh demokratis terhadap kemampuan komunikasi interpersonal anak usia 10-12 tahun Desa Panjang dengan nilai signifikansi 0,05 sebesar 26,9%.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Fina Fakhriyah, M.Pd. (2) Ika Ari Pratiwi, M.Pd.
Kata Kunci: Pola Asuh Demokratis, Komunikasi Interpersonal, Anak usia 10-12 tahun.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Oct 2021 22:25
Last Modified: 13 Oct 2021 22:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15525

Actions (login required)

View Item View Item