Dampak penggunaan gadget terhadap perilaku sosial anak di desa jekulo kudus

SANIYYAH, LATIFATUS (2021) Dampak penggunaan gadget terhadap perilaku sosial anak di desa jekulo kudus. Sarjana thesis, UMK.

[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (955kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (845kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penggunaan gadget dapat menyebabkan kecanduan dan dapat berpengaruh pada perilaku anak. Hal ini dibuktikan dengan adanya anak di desa Jekulo bahwa anak sering menggunakan gadget. Anak mengalami gangguan perilaku sosial seperti sering marah dan tidak memperdulikan lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dampak penggunaan gadget terhadap perilaku sosial anak yang menggunakan gadget. Gadget merupakan alat elektronik yang dirancang berukuran kecil, memiliki berbagai aplikasi untuk mempermudah mengakses segala informasi. Penggunaan gadget secara continue akan berdampak positif maupun negatif pada perilaku sosial anak. Perilaku sosial merupakan tindakan yang berkaitan dengan perbuatan manusia yang berhubungan secara langsung dengan nilai sosial dalam lingkungannya. Perilaku sosial anak ini meliputi menghormati orang lain, sikap tolong menolong, perilaku sopan santun, sikap peka dan peduli, serta terima kasih. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini penelitian deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di desa Jekulo mulai dari bulan Juni-Juli 2021. Subjek penelitian 6 informan anak dan orang tua. Teknik pengumpulan data berupa catatan observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Instrumen menggunakan pedoman observasi dan wawancara. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas penggunaan gadget tinggi mencapai 3-6 jam perhari. Aplikasi yang sering dibuka yaitu youtube, tik tok dan game. Penggunaan ini berdampak positif seperti mendapatkan pengetahuan luas, mempermudah komunikasi dan melatih kreativitas anak. Selain itu berdampak negatif diantaranya mata menjadi mudah lelah, jam tidur dan jam belajar berkurang serta gangguan emosional pada anak. Perilaku sosial anak masih menunjukkan baik, menghormati orang lain, tolong menolong, sopan santun, namun dari mereka kurang peka dan peduli terhadap orang disekelilingnya. Penelitian ini dapat membantu orang tua untuk lebih mengawasi dan mengontrol penggunaan gadget pada anak serta memperhatikan durasi penggunaan agar jam tidur dan belajar anak tetap baik. Diperlukannya bimbingan dan dorongan orang tua agar lebih meningkatkan kesadaran pada diri anak untuk lebih peka dan peduli dengan sesuatu yang ada disekitarnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2. Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A
Kata Kunci: dampak, gadget, perilaku sosial
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Oct 2021 22:41
Last Modified: 13 Oct 2021 22:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15528

Actions (login required)

View Item View Item