Diorama bertanya berbasis kearifan lokal untuk siswa sekolah dasar

MAULA, DHANY ADHITYA (2021) Diorama bertanya berbasis kearifan lokal untuk siswa sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (350kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (114kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (104kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini yakni untuk menganalisis kebutuhan pengembangan diorama bertanya berbasis kearifan lokal untuk siswa kelas V sekolah dasar, mengetahui kelayakan diorama bertanya berbasis kearifan lokal untuk siswa kelas V sekolah dasar, dan menganalisis hasil uji coba terbatas diorama bertanya berbasis kearifan lokal untuk siswa kelas V sekolah dasar. Diorama bertanya yang digunakan pada penelitian ini terdapat pertanyaan yang ada didalamnya.Kearifan lokal adalah budaya lokal yang menjadi kebiasaan masyarakat setempat yang menjadi sebuah pandangan hidup untuk mengatur tatanan kehidupan masyarakat. Pada media diorama ini isi objeknya yakni rumah adat Kudus, menara Kudus, gerbang selamat datang, dll. Metode penelitian ini adalah Research and Development(R&D) atau yang sering disebut penelitian dan pengembangan. Pada penelitian ini mengembangkan media pembelajaran diorama menjadi diorama bertanya berbasis kearifan lokal kudus pada mata pelajaran PPKn Tema 8 Kelas V materi keberagaman sosial budaya masyarakat. Kelayakan pengembangan produk ini dapat diketahui melalui hasil validasi ahli materi, validasi ahli media, dan uji coba terbatas kepada siswa. Pengembangan produk pada penelitian ini hanya sampai pada tahap uji coba skala kecil, tidak sampai ke tahap uji coba skala besar dikarenakan situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan. Uji coba skala terbatas yang dilakukan pada siswa-siswi kelas VA SD NU Nawa Kartika yang berjumlah 5 orang. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa analisis kebutuhan menunjukkan bahwa jarangnya guru menggunakan media pembelajaran, siswa tidak mengenal media diorama, guru tidak pernah menggunakan media diorama saat melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa sangat bersemangat jika pembelajaran menyenangkan, yakni pada saat guru menggunaan media, permainan atau kuis,dan siswa merasa bosan ketika pembelajaran yang dilakukan guru monoton. Diorama bertanya berbasis kearifan lokal untuk siswa sekolah dasar layak digunakan dengan hasil persentase kelayakan media sebesar 85,42% yang masuk pada kategori sangat layak. Hasil persentase kelayakan materi memperoleh hasil sebesar 100% yang masuk pada kategori sangat layak. Dengan demikian media diorama bertanya berbasis kearifan lokal untuk siswa sekolah dasar layak digunakan. Hasil uji coba terbatas siswa kelas V SD Nu Nawa Kartika pada muatan PPKN materi keberagaman sosial budaya masyarakat mendapatkan skor 5 atau 100% pada aspek 1-5, kecuali satu aspek yang mendapatkan skor 4 atau persentase 80%, dan aspek 7 dan 8 juga mendapatkan skor 5 atau persentsae 100% .

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd. pembimbing 2 Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Diorama, Kearifan Lokal.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Oct 2021 23:10
Last Modified: 14 Oct 2021 23:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15558

Actions (login required)

View Item View Item