ANGGRAENI, FRIDA (2021) Analisis pola pikir anak pada keluarga broken home di dukuh pangkrengan desa bulungkulon jekulo kudus. Sarjana thesis, UMK.
Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (219kB) |
|
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (256kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (205kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola pikir anak dalam lingkungan keluarga broken home di Dukuh Pangkrengan Desa Bulungkulon Jekulo Kudus, pola asuh keluarga dalam membentuk pola pikir anak broken home di Dukuh Pangkrengan Desa Bulungkulon Jekulo Kudus, dan dampak pola pikir anak dalam lingkungan keluarga broken home di Dukuh Pangkrengan Desa Bulungkulon Jekulo Kudus. Pada penelitian ini meneliti tentang pola pikir anak yang setelah orangtuanya bercerai atau lebih dikenal keluarga broken home atau keluarga yang tidak harmonis dan tidak utuh lagi, serta bagaimana orangtuanya mendidik dan mengasuhnya sekaligus dampak berpikirnya bagi anak kalau orangtuanya tidak tinggal satu rumah lagi bersama dia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subyek pada penelitian ini adalah 3 anak yang mengalami keluarga broken home. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan merupakan teknik analisis data interaktif menurut Miles and Huberman yang meliputi tahapan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pikir anak bepola pikir berkembang sebab anak dalam penelitian ini berpikirnya masih berubah-ubah tidak harus terwujud, sedangkan pola asuh orangtua yang bisa mempengaruhi pola pikir anak menggunakan pola asuh demokratis dimana pola asuh ini bagus buat perkembangan anak menjadi baik dilingkungan broken home, dan dampak lingkungan broken home kepada masing-masing anak berbeda tetapi sama-sama negatif. Pola pikir anak ada dua jenis yaitu pola pikir tetap dan pola pikir berkembang dimana pada penelitian ini anak berpola pikir berkembang masih bisa dinasehati oleh Ibunya, dalam pengasuhan bersifat demokrtis di lingkungan broken home ini Ibu diharuskan sabar dalam mendidik anak, dan membebaskan anak tetapi masih dalam pengawasan, sehingga anak tumbuh rasa tanggung jawab yang harus dilakukan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 Muhammad Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Pola Pikir, Pola Asuh, Broken Home |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 19:14 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 19:14 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15568 |
Actions (login required)
View Item |