APRILIA, ULFIATUL INKA (2021) Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas 1 mi salafiyah gondoharum. Sarjana thesis, UMK.
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (742kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (227kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (367kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (134kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan membaca permulaan dan faktor penghambat kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas I MI Salafiyah Gondoharum. Hal ini didasarkan pada tingkat kemampuan membaca siswa yang rendah, dan tidak adanya ketertarikan siswa dalam belajar membaca. Kajian teoretik yang terdapat dalam penelitian ini membahas mengenai kesulitan membaca permulaan dan faktor penghambat kesulitan membaca permulaan siswa kelas I MI Salafiyah Gondoharum. Dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa kelas I di MI Salafiyah, guru kelas I mempunyai metode khusus untuk membimbing siswanya. Kesulitan membaca permulaan merupakan kesulitan belajar membaca pada anak tingkat sekolah dasar kelas I. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu guru kelas I dan lima siswa kelas I yang teridentifikasi mengalami kesulitan membaca permulaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kesulitan membaca permulaan yang siswa kelas I MI Salafiyah Gondoharum alami yaitu kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan, dan kesulitan membaca satu huruf konsonan dan satu huruf vokal. 2) faktor penghambat kesulitan membaca permulaan terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya adalah kecerdasan yang rendah, kesehatan tubuh yang tidak optimal, minat siswa dalam membaca permulaan masih rendah, serta motivasi siswa dalam membaca permulaan juga rendah. Sedangkan faktor eksternalnya adalah faktor lingkungan keluarga yaitu orang tua kurang memperhatikan kegiatan belajar membaca siswa, dan faktor lingkungan masyarakat yaitu kegiatan dalam masyarakat, siswa yang terlalu banyak aktivitas sehingga kegiatan belajar membaca siswa menjadi terbengkalai.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing (1) Dr. Irfai Fathurohman, S.Pd, M.Pd, (2) Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | Kesulitan Membaca, Membaca Permulaan, Siswa Kelas I |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 19:22 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 19:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15569 |
Actions (login required)
View Item |