Penerapan konseling behavioristik dengan teknik self management untuk mengatasi perilaku membolos saat pembelajaran daring pada siswa sma pgri 2 kayen

WESMI, NIKEN VERA (2021) Penerapan konseling behavioristik dengan teknik self management untuk mengatasi perilaku membolos saat pembelajaran daring pada siswa sma pgri 2 kayen. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (217kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (262kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini: 1. Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab perilaku membolos siswa saat pembelajaran daring pada siswa SMA PGRI 2 kayen tahun ajaran 2020/2021. 2. Mengatasi perilaku membolos saat pembelajaran daring pada siswa SMA PGRI 2 Kayen melalui konseling behavioristik dengan teknik self management. Perilaku membolos saat pembelajaran daring tentunya sangat merugikan siswa karena siswa tidak bisa mengikuti pelajaran yang tentunya akan berdampak pada nilai siswa. Pada permasalahan ini peneliti menggunakan konseling behavioristik dengan teknik self management untuk menyelesaikan permasalahan siswa. Pendekatan behavioristik suatu pendekatan konseling yang dilakukan konselor kepada klien untuk memecahkan suatu permasalahan dan mengambil keputusan yang berpusat pada tingkah laku manusia dengan menyertakan penerapan yang sistematis dan merubah individu pada prilaku maladaptif menjadi lebih adaptif. Sedangkan self management merupakan pengelolaan diri terhadap pikiran, ucapan dan perbuatan yang dilakukan, sehingga mendorong pada penghindaran diri terhadap hal-hal yang tidak baik serta meningkatkan perbuatan yang lebih baik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, subjek yang diteliti yaitu 2 siswa SMA PGRI 2 Kayen yang memiliki perilaku membolos saat pembelajaran daring. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi yang dilakukan secara mendalam sehiingga nantinya akan mendapatkan hasil yang akurat terhadap permasalahan yang akan diteliti. Hasil penelitian ini bahwa proses konseling di SMA PGRI 2 Kayen, konseli sudah mampu membentuk perilaku baru dengan mengelola tingkah laku yakni konseli sudah tidak malas-malasan mengerjakan tugas, konseli sudah mampu mengelola diri untuk bangun pagi, konseli mengikuti pembelajaran yang dilakukan secara daring serta konseli tidak lagi membolos saat pembelajaran daring. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat dikatakan bahwa pendekatan konseling behavioristik dengan teknik self management mampu memgatasi perilaku membolos saat pembelajaran daring. Peneliti berharap peserta didik mampu mempertahankan perubahan perilaku yang sudah terbentuk.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Drs. Arista Kiswantoro, Mpd. Pembimbnig 2 Dr. Santoso, M.Pd
Kata Kunci: Perilaku membolos saat pembelajaran daring, Konseling Behavioristik, Teknik self management.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Oct 2021 19:21
Last Modified: 15 Oct 2021 19:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15570

Actions (login required)

View Item View Item