Exploring the students’ learning problems at virtual class during the covid 19 pandemic

CAHYANI, NIA SETIYA (2021) Exploring the students’ learning problems at virtual class during the covid 19 pandemic. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (881kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (296kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (284kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Pemerintah Indonesia telah membuat kebijakan di bidang pendidikan karena situasi pandemi covid 19. Sebelumnya proses belajar mengajar khusunya di SMA dilaksanakan secara tatap muka, berubah menjadi pembelajaran online sepenuhnya. Situasi ini memaksa guru dan siswa untuk mengadopsi pembelajaran online dan mempengaruhi pengalaman belajar mereka. Mereka harus menggunakan beberapa platform online untuk melanjutkan proses pembelajaran. Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan ntuk menemukan permasalahan pembelajaran murid pada kelas berbicara virtual selama pandemi covid 19 dan strategi untuk mengatasi masalah tersebut. Peneliti menggnakan metode penelitian kualitatif. Peneliti mengumpulkan data melalui close ended kuesioner. Peserta dari penelitian ini ada 20 partisipan yang dipilih secara acak dari siswa SMA. Hasil dari peneliti ini mengungkapkan bahwa ada beberapa masalah dalam kesulitan pembelajaran murid pada kelas virtual. Masalah masalah itu adalah kessulitan pembelajarann virtual pada pemahaman materi, pembelajaran virtual tiadak memotivasi untuk belajar lebih rajin, pembelajaran virtual tidak memiliki kontribusi yang besar untuk tertarik pada pembelajaran, lingkungan pada belajar vitual membuat sulit untuk belajar, pembelajaran virtual tidak mendorong untuk lebih aktif berbicara, lingkungan pada pembelajaran virtual tidak memiliki pengaruh besar pada ketrampilan berbicara, kelas vitual bahasa inggris tidak membantu pada meningkatkan ketrampilan berbicara. Ada beberapa strategi yang digunakan murid dalam mengatasi masalah pembelajaran pada kelas virtual. Antara lain adalah ketertarikan siswa, motivasi diri sendiri, sistem dukungan jaringan, masukan, tetap berbahasa inggris, komunikasi. Oleh karena itu, peneliti berharap penelitian ini bisa digunakan oleh murid untuk mengidentifikasi masalah masalah mereka dan untuk menerapakan strategi untuk kesulitan yang mereka hadapi. Juga bagi guru untuk memberikan strategi untuk menangani masalah masalah itu dan mengantisipasi murid pada memiliki masalah yang sama. Kemudian peneliti selanjutnya untuk melanjutkan penelitian terkait topik dan menemukan masalah masalah lain dan solusi tentang permasalahan pembelajaran murid pada kelas virtual selama pandemi covid 19.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pwmbimbing 1 Dr. A. Hilal Madjidi, M.Pd Pembimbing 2 Farid Noor Romadhon, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Masalah Pembelajaran, Berbicara, Kelas Virtual, Pandemi Covid 19
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Oct 2021 19:32
Last Modified: 15 Oct 2021 19:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15573

Actions (login required)

View Item View Item