Pola asuh orang tua dalam pemaknaan sikap sopan santun anak usia sekolah dasar di desa sumbersari kecamatan kayen kabupaten pati

SOLEHAH, ELMA ELFIANA NURUS (2021) Pola asuh orang tua dalam pemaknaan sikap sopan santun anak usia sekolah dasar di desa sumbersari kecamatan kayen kabupaten pati. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (763kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (343kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (801kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka] Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (401kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui dampak pola asuh orang tua dalam pemaknaan sikap sopan santun pada anak usia sekolah dasar di Desa Sumbersari. Dengan rumusan masalah bagaimana pola asuh orang tua dalam pemaknaan sikap sopan santun pada anak usia sekolah dasar di Desa Sumbersari dan dampak pola asuh orang tua dalam pemaknaan sikap sopan santun pada anak usia sekolah dasar di Desa Sumbersari. Pola asuh orang tua merupakan sikap atau tindakan orang tua dalam melakukan proses interaksi, membimbing, serta mendidik anak agar dapat mencapai perkembangan spiritual, fisik, sosial, emosi, dan intelektual. Jenis pola asuh orang tua ada 3 yaitu otoriter, demokratis, dan permisif. Adanya jenis-jenis pola asuh menyebabkan perbedaan cara orang tua dalam menanamkan pemaknaan sopan santun kepada anak. Sopan santun merupakan sikap yang dimiliki seseorang dalam mengikuti aturan atau tata cara yang berkembang di masyarakat secara turun temurun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sumbersari, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati. Sumber data primer pada penelitian ini yaitu orang tua dan anak yang diambil dari 4 keluarga, sedangkan sumber data sekunder didapatkan dengan dokumentasi dan catatan penelitian, serta data pendukung lainnya yaitu buku referensi dan jurnal penelitian relevan yang terkait dengan penelitian ini. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan mengacu kepada konsep dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini yaitu bentuk pola asuh orang tua di Desa Sumbersari, terdapat dua keluarga menerapkan pola asuh demokratis, satu keluarga menerapkan pola asuh permisif, dan satu keluarga menerapkan pola asuh otoriter. Dalam menanamkan sikap sopan santun orang tua dengan cara peneladanan, penyontohan, keterlibatan, kebersamaan, dan membicarakan. Kesimpulan dari penelitian ini merupakan dampak yang ditimbulkan dari pola asuh demokratis yaitu satu anak memiliki sopan santun dalam tindakan dan berbahasa, satu anak memiliki sopan santun dalam tindakan namun kurang memiliki sopan santun dalam berbahasa. Dampak poal asuh permisif memiliki sopan santun dalam tindakan namun kurang sopan dalam berbahasa. Dampak dari seorang anak dengan pola asuh otoriter yaitu kurang memiliki sopan santun dalam tindakan maupun sopan dalam berbahasa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Sekar Dwi Ardianti S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Imaniar Purbasari S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Sikap Sopan Santun
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Oct 2021 19:58
Last Modified: 15 Oct 2021 19:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15579

Actions (login required)

View Item View Item