Pengembangan bahan ajar ipa berbasis stem untuk meningkatkan hasil belajar tema peristiwa Dalam kehidupan siswa kelas v

SUSTININGSIH, SUSTININGSIH (2021) Pengembangan bahan ajar ipa berbasis stem untuk meningkatkan hasil belajar tema peristiwa Dalam kehidupan siswa kelas v. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (364kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (68kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (194kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kebutuhan pengembangan bahan ajar IPA berbasis STEM; (2) mendekripsikan desain pengembangan bahan ajar IPA berbasis STEM; (3) menganalisis kelayakan bahan ajar IPA berbasis STEM; dan (4) menganalisis efektivitas bahan ajar IPA berbasis STEM pada tema Peristiwa dalam Kehidupan kelas V di Gugus Fatmawati Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RnD) model Borg & Gall. Sumber data yang digunakan adalah 24 siswa kelas V dari 8 SD di Gugus Fatmawati Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Tes terdiri dari soal pretst-postest pilihan ganda. Non tes terdiri dari wawancara, angket serta dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest-postest, pedoman wawancara, lembar angket, dan foto-foto kegiatan wawancara dan pembelajaran. Analisis data terdiri dari analisis kelayakan bahan ajar dan analisis efektivitas. Analisis kelayakan terdiri dari validasi ahli dan analisis pretest-postest. Analisis efektivitas terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian sebagai berikut: Pertama, berdasarkan hasil observasi, angket kebutuhan guru dan siswa, wawancara, dan dokumentasi maka diperlukan pengembangan bahan ajar IPA berbasis STEM. Kedua, desain pengembangan bahan ajar dimulai dari menganalisis kompetensi dasar dan indikator kemudian menyusun prototipe bahan ajar. Ketiga, kelayakan bahan ajar berupa buku guru mendapatkan validasi rata-rata 86,24 % dengan kategor sangat layak. Bahan ajar berupa buku siswa mendapat validasi rata-rata 86,80 % dengan kategori sangat layak. Kelayakan bahan ajar untuk meningkatan hasil belajar IPA dapat dilihat dari hasil uji N-gain 0,37 dengan kategori sedang. Keempat, efektivitas bahan ajar dilakukan dengan uji t dan effect size. Uji t menunjukkan bahwa t hitung (11,98) > t tabel (2,068). Analisis effect size menunjukkan hasil 2,593 dengan kategori efektivitas kuat. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar STEM efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V tema peristiwa dalam kehidupan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd., Pembimbing 2 Dr. Santoso, M.Pd.
Kata Kunci: bahan ajar, IPA, STEM, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Oct 2021 20:06
Last Modified: 15 Oct 2021 20:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15581

Actions (login required)

View Item View Item