Mengatasi kesulitan belajar daring melalui konseling behaviour teknik self management

TRISNAWATI, LINDA (2021) Mengatasi kesulitan belajar daring melalui konseling behaviour teknik self management. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (9MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (922kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menemukan faktor-faktor yang memengaruhi kesulitan belajar daring; (2) Mengatasi kesulitan belajar daring melalui penerapan Konseling Behaviour Teknik Self Management. Konseling behavioral atau behaviour digunakan untuk memberikan perubahan perilaku pada konseli yang mengalami masalah atau hambatan ketika pembelajaran daring. Selanjutnya teknik self management digunakan untuk membantu para konseli agar mampu mengelola pikiran, perasaan dan perbuatan agar mampu mendorong pada perilaku yang dikehendaki, dalam hal ini adalah mampu mengatasi berbagai hambatan dalam pembelajaran daring yang menyebabkan timbulnya kesulitan belajar. Penelitian dilaksanakan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an An-Nuur Winong, Pati pada tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yaitu kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian adalah santiwan dan atau santriwati yang mengalami masalah kesulitan belajar daring. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan home visit. Analisis data yang digunakan adalah analisis data sistem bacon. Hasil penelitian pada konseli I yaitu konseli mampu memiliki motivasi serta antusias dalam melaksanakan pembelajaran daring. Selain itu, konseli I juga telah mampu melakukan manajemen waktu yang dimiliki, jadi tidak ada lagi alasan lagi bagi konseli untuk tidak dapat mengikuti pembelajaran daring, dengan dalih terbentur antara kegiatan pondok pesantren dengan sekolah. Selanjutnya pada konseli II diperoleh fakta bahwa konseli memperoleh motivasi setelah bertemu dengan teman-teman sekolahnya, karena konseli sangat ingin memiliki teman baru selain teman dari satu pondok pesantren. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Faktor yang menyebabkan konseli I dan II sehingga mengalami kesulitan belajar daring yaitu: konseli I rendahnya antuasias konseli dalam mengikuti pembelajaran daring; sedangkan pada konseli II yaitu tidak adanya pengaruh positif teman sebaya dalam memotivasi konseli untuk mengikuti pembelajaran daring; (2) Setelah pelaksanaan konseling behaviour teknik self management, kedua konseli mampu mengatasi kesulitan belajar daring dengan menemukan solusi, jawaban atas permasalahan yang selama ini dialami. Saran yang disampaikan peneliti yaitu: (1) Konseli hendaknya meningkatkan motivasi dalam mengikuti pembelajaran daring, meskipun berbagai kendala dialami selama pembelajaran daring. Konseli juga diharapkan mampu menemukan sebuah motivasi baru agar senantiasa tetap semangat dalam pembelajaran daring; (2) Pengasuh pondok pesantren hendaknya memantau, mengawasi, serta mendampingi para santriwan dan santriwati dalam proses pembelajaran daring, sehingga kegiatan pembelajaran daring yang dilaksanakan oleh masing-masing sekolah santriwan dan santriwati dapat berjalan dengan baik. (3) Penelitian selanjutnya diharapkan mampu mengatasi kesulitan belajar daring melalui pendekatan atau teknik konseling yang lebih sesuai dengan permasalahan yang dialami oleh konseli, agar proses dan hasil konseli dapat berjalan seiringan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons, Pembimbing 2 Drs. Masturi, M.M.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar Daring, Konseling Behaviour Teknik Self Management.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Oct 2021 20:14
Last Modified: 15 Oct 2021 20:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15583

Actions (login required)

View Item View Item