Efektivitas aplikasi zoom dalam e-learning terhadap minat belajar peserta didik sekolah dasar

FADHILAH, FITRIA HUSNA (2021) Efektivitas aplikasi zoom dalam e-learning terhadap minat belajar peserta didik sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (352kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Pembelajaran merupakan proses mencari pengetahuan untuk mencapai sebuah hasil. Biasanya pembelajaran dilakukan secara tatap muka. Namun, karena pandemi Covid-19 pembelajaran dilakukan secara online atau disebut e-learning. E-learning biasanya mempengaruhi minat belajar peserta didik seperti bosan dan tidak tertarik. Berdasarkan hasil wawancara bersama perwakilan guru dari SD 2 Garung Kidul Kudus, siswa diminta mendownload aplikasi Zoom untuk mengikuti virtual class dalam e-learning. Keadaan tersebut menjadi dasar dari tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana efektivitas aplikasi zoom terhadap minat belajar peserta didik sekolah dasar. Aplikasi zoom adalah aplikasi konferensi video yang dapat digunakan untuk pertemuan online, contohnya virtual class. Virtual class ini biasanya mempengaruhi minat belajar peserta didik. Minat belajar adalah suatu sikap ketertarikan untuk melakukan sesuatu dalam pembelajaran. Jika, penggunaan aplikasi terhadap minat belajar tinggi itu artinya bersifat efektif. Efektivitas adalah ukuran keberhasilan daru suatu proses interaksi antara guru dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pre-eksperimen design one group pretest-posstest design. Subjek penelitian ini yakni, peserta didik kelas 5 SD 2 Garung Kidul dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Variabel terikat pada penelitian ini adalah minat belajar peserta didik, dan variabel bebasnya aplikasi zoom. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu berupa observasi dan angket terhadap minat belajar peserta didik. Analisis data menggunakan paired sample T-test pada aplikasi SPSS IBM 21. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat perbedaan skor pretest dengan posttest dari penggunaan aplikasi zoom dalam e-learning terhadap minat belajar peserta didik sekolah dasar. Penelitian juga menunjukan bahwa terjadi efektivitas pengunaan aplikasi zoom dalam e-learning terhadap minat belajar peserta didik sekolah dasar dengan perolehan nilai N-Gain Score sebesar 60% dari nilai min 1,6% dan max 100%. Dari penelitian ini dapat menjadi suatu solusi dalam pembelajaran jarak jauh yang sedang berlangsung dengan penggunaan media aplikasi zoom dan metode e-learning, sehingga pembelajaran tetap berjalan dengan semestinya dan peserta didik tidak tertinggal banyak materi belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd. (2) M. Syaffruddin K, S.Si., M.Or.
Kata Kunci: Efektivitas, Aplikasi Zoom, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Oct 2021 20:54
Last Modified: 15 Oct 2021 20:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15586

Actions (login required)

View Item View Item