Ambarwati, Duwi (2021) Interaksi keluarga dalam menerapkan kedisiplinan pembelajaran daring pada siswa di sd negeri 2 kemloko kab. Grobogan. Sarjana thesis, UMK.
Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (736kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (219kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (592kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (211kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu pertama untuk menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku kedisiplinan dan tujuan kedua adalah untuk menganalisis perilaku kedisiplinan yang diterapkan keluarga dalam pembelajaran daring. Covid-19 telah mewabah di indonesia sehingga pemerintah akhirnya mengeluarkan beberapa kebijakan untuk membatasi kegiatan yang melibatkan banyak orang. Dengan adanya kebijakan tersebut beberapa kegiatan menjadi terganggu begitu juga pada kegiatan pembelajaran yang harus berubah. Kegiatan pembelajaran yang biasanya bertatap muka kini telah berubah menjadi pembelajaran dalam jaringan. Pemberian materi dan tugas diberikan secara daring. Pada masa seperti inilah kedisiplinan siswa dirumah sangat perlu diterapkan dalam mendukung pembelajaran daring. Kedisiplinan belajar mempunyai peranan penting di dalam proses pembelajaran. Siswa yang mempunyai disiplin belajar yang tinggi akan menunjukkan kesiapannya dalam mengikuti kegiatan pembelajaran daring, mengerjakan tugas-tugas pekerjaan rumah dan memiliki kelengkapan dalam belajar. Sebaliknya siswa yang kurang disiplin dalam belajar maka tidak menunjukkan kesiapan dalam mengikuti pelajaran, tidak mengerjakan tugas-tugas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang kemudian hasil penelitian dijabarkan secara deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Kemloko Kabupaten Grobogan dengan subjek yaitu siswa SD Negeri 2 Kemloko, orang tua beserta guru. Pada pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengenai Kedisiplinan siswa dalam Pembelajaran Daring SD 2 Kemloko keluarga dalam menerapkan pembelajaran daring yaitu terbagi menjadi empat belajar dan Kerjasama, membantu anak belajar, suasana yang nyaman, disiplin waktu. Faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan yaitu terbagi menjadi dua faktor yang pertama faktor internal dari diri sendiri, yang kedua faktor eksternal lingkungan masyarakat, teman bermain dan keluarga. Masing-masing faktor tersebut dapat menjadi faktor pendukung sekaligus mempengaruhi kedisiplinan siswa dalam pembelajaran daring di SD 2 Kemloko Grobogan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing (1) Dr. Erik Aditia Ismaya, S.pd., M.A. (2) Nur Fajrie, S.pd, M.pd. |
Kata Kunci: | Siswa, Pembelajaran Daring, Kedisiplinan, Interaksi Keluarga |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 Oct 2021 19:48 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 19:48 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15645 |
Actions (login required)
View Item |