Pengaruh konsentrasi pupuk organik cair urine kelinci dan konsentrasi pupuk guano terhadap pertumbuhan dan hasil jagung manis (zea mays l. Saccharata)

SAFITRI, ULIN NUR (2021) Pengaruh konsentrasi pupuk organik cair urine kelinci dan konsentrasi pupuk guano terhadap pertumbuhan dan hasil jagung manis (zea mays l. Saccharata). Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (215kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (209kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy

Abstrak

Jagung manis merupakan komoditas tanaman hortikultura yang diminati masyarakat karena kandungan gizinya lebih baik. Untuk memenuhi permintaan akan kebutuhan jagung manis, perlu diupayakan peningkatan budidaya atau produksi. Intensifikasi lahan merupakan pilihan dalam peningkatan produksi pertanian karena melalui pengoptimalan suatu lahan akan tercipta pertanian yang berkelanjutan. Salah satu caranya adalah penambahan penggunaan pupuk organic untuk budidaya tanaman. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui konsentrasi POC urine kelinci dan pupuk guano yang tepat untuk pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis ( Zea mays L. saccharata ). Penelitian ini dilaksanakan di di Kebun Pengembangan Perbenihan Palawija Rendole yang terletak di Desa Muktiharjo Jalan raya Pati-Tlogowungu km 3 Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati dengan ketinggian tempat 17 mdpl pada bulan mei hingga Agustus 2021. Penelitian ini menggunakan RAKL (Rancangan Acak Kelompok Lengkap) dengan dua faktorial dan diulang sebanyak 3 kali. Faktor pertama yaitu konsentrasi POC urine kelinci yang terdiri dari U0 = (kontrol), U1 = (100 ml / liter), U2 =(200 ml / liter), U3 = (300 ml / liter). Faktor kedua yaitu konsentrasi pupuk guano yang terdiri dari G0 = control, G1 = (45 g/l) dan G2 = (90 g/l). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perlakuan konsentrasi POC memberikan pengaruh terhadap hasil tinggi tanaman jagung manis pada umur 2 dan 4 MST dengan perlakuan terbaik pada konsentrasi 200 ml/l (U2) sebesar 32.33 dan 87.62 cm. (2) Pada perlakuan konsentrasi pupuk guano memberikan hasil yang berpengaruh terhadap jumlah daun umur 4 MST dengan hasil terbaik diperoleh dari perlakuan 45 g/l (G1) sebesar 7,94, berpengaruh terhadap panjang tongkol dengan hasil terbaik diperoleh dari perlakuan 90 g/l (G2) sebesar 17,20 cm, dan berpengaruh terhadap jumlah biji per tongkol dengan hasil terbaik diperoleh dari perlakuan 90 g/l (G2) sebanyak 448,28 biji. (3) Terdapat interaksi antara kombinasi perlakuan POC urine kelinci dan pupuk guano pada pertumbuhan tinggi tanaman umur 2 dan 4 MST dengan hasil terbaik diperoleh dari perlakuan POC urine kelinci 200 ml/l dan pupuk guano 90 g/l (U2G2) sebesar 33,75 cm dan 96,03 cm, terdapat interaksi pada bobot segar brangkasan dengan hasil terbaik diperoleh dari perlakuan POC urine kelinci 100 ml/l dan tanpa pupuk guano (U1G0) sebesar 257,67 g, terdapat interaksi pada bobot kering brangkasan dengan hasil terbaik diperoleh dari perlakuan POC urine kelinci 200 ml/l dan pupuk guano 45 g/l (U2G1) sebesar 96,40 g. Terdapat interaksi juga pada hasil jumlah biji per tongkol dengan hasil terbaik diperoleh dari perlakuan POC urine kelinci 100 ml/l dan pupuk guano 45 g/l (U1G1) sebanyak 556,08 biji.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Drs. RM. Hendy Hendro H.S. M. Si Ir. Untung Sudjianto, M.P
Kata Kunci: jagung manis, PUPUK ORGANIK, URINE KELINCI
Subjects: Pertanian > Pertanian (umum)
Pertanian > Kultur tumbuhan
Program Studi: Fakultas Pertanian > Agroteknologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Oct 2021 20:30
Last Modified: 20 Oct 2021 20:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15660

Actions (login required)

View Item View Item