Mengatasi rendahnya kemandirian belajar peserta didik melalui layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik self control Di smk negeri 3 pati

Widyastuti, Amalia (2021) Mengatasi rendahnya kemandirian belajar peserta didik melalui layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik self control Di smk negeri 3 pati. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (228kB)
[thumbnail of BAB 2] Other (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (0B) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Other (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (0B) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (204kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Rendahnya kemandirian belajar merupakan sikap yang harus dihilangkan dalam diri siswa, sebagai seorang pelajar harus memiliki kemandirisn dalam hal belajar agar siswa dapat mengembangkan kemampuan dirinya. Bimbingan kelompok teknik self control merupakan sebuah layanan yang diberikan kepada individu atau sekelompok orang dengan menggunakan dinamika kelompok yang berpusat kepada diri siswa agar siswa mampu mencegah, mengatur, mengelola keinginan yang timbul dalam diri siswa itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah 1. dari penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Self Control maka dapat mengatasi rendahnya kemandirian belajar peserta didik di SMKN 3 PATI. 2. Memperoleh peningkatan efektifitas peserta didik dengan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik Self Control dalam mengatasi rendahnya kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI Busana 1 SMK Negeri 3 Pati, sebanyak 8 siswa yang memeliki masalah dalam kemandiri belajar. Berdasarkan dari hasil penelitian ini bahwa layanan bimbingan kelompok teknik self control di SMK Negeri 3 Pati terdapat peningkatan disetiap sikluslusnya. Hal ini dapat dilihat dari hasil skor, pada pra siklus siswa memperoleh jumlah rata – rata 75 dengan kategori kadang – kadang (KD), kemudian di sklus I memperoleh jumlah rata – rata 122 dengan kategori sering (SR), serta pada siklus II memperoleh jumlah rata – rata 142 dengan kategori selalu (SL). Simpulan hasil penelitian ini dalam mengatasi kemandirian belajar siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik self control siswa kelas XI Busana 1 SMK Negeri 3 Pati diterima, hal ini terbukti setelah diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik self control siklus I diperoleh skor penilaian terhadap peneliti sebesar 81 dengan kategori baik, dan siklus II diperoleh skor penilaian terhadap peneliti sebesar 96 dengan kategori sangat baik. Jadi kegiatan layanan bimbingan kelompok teknik self control yang dilakukan peneliti meningkat sebesar 15 skor dari siklus I ke siklus II. dengan demikian mengatasi rendahnya kemandirian belajar peserta didik dapat di tingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok teknik self control.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: (1) Edris Zamroni S.Pd., M.Pd (2) Drs. Sucipto M.Pd Kons.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok Teknik Self Control, Mengatasi Rendahnya Kemandirian Peserta Didik.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Oct 2021 22:01
Last Modified: 20 Oct 2021 22:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15692

Actions (login required)

View Item View Item