Penerapan konseling behavioristik teknik kontrak perilaku untuk mengatasi disfungsional prokrastinasi akademik siswa kelas xi smkn 1 maja Tahun ajaran 2020/2021

IMAM, ILHAM KHOERUL (2021) Penerapan konseling behavioristik teknik kontrak perilaku untuk mengatasi disfungsional prokrastinasi akademik siswa kelas xi smkn 1 maja Tahun ajaran 2020/2021. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (510kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (699kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (570kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Disfungsional prokrastinasi akademik merupakan perilaku maladaptif bagi siswa karena penundaan tugas yang sengaja dilakukan secara berulang-ulangan dengan memilih aktivitas lain yang menyebabkan penurunan nilai akademik serta semangat belajar rendah dengan ciri-ciri; 1. Siswa menunda-nunda tugas dalam memulai mengerjakan dan menyelesaikan tugas. 2. Siswa lambat dalam mengerjakan tugas. 3. Siswa terlambat dalam mengumpulkan tugas. 4. Siswa tidak memiliki rasa tanggung jawab akademik. 5. Siswa melakukan aktivitas lain yang lebih menyenangkan selain mengerjakan tugas. Penerapan Konseling Behavioristik Teknik Kontrak Perilaku dapat mengubah tingkah laku maladaptif siswa yaitu menunda-nunda tugas menjadi memiliki tingkah laku yang adaptif yaitu memiliki tanggung jawab akademik dan semangat belajarnya meningkat melalui tahapan-tahapan yaitu 1. Melakukan analisis ABC mengenai tingkah laku yang akan diubah. Menentukan data awal. 3. Menentukan jenis penguatan yang ingin ditetapkan. 4. Memberikan penguatan pada setiap tingkah laku yang tampak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dirancang dalam bentuk studi kasus. Subjek yang diteliti yaitu VRS dan RRS siswa kelas XI ATPH 4 SMKN 1 Maja tahun ajaran 2020/2021 yang mengalami disfungsional prokrastinasi akademik. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan disfungsional prokrastinasi akademik siswa kelas XI ATPH 4 SMKN 1 Maja tahun ajaran 2020/2021. 2. Untuk mengatasi disfungsional prokrastinasi akademik siswa kelas XI ATPH 4 SMKN 1 Maja tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah: 1). Wawancara, 2) Observasi, 3) Dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah induktif. Adapun cara menganilisis data dalam penelitian ini dilakukan secara sistematis mulai dari proses pengumpulan data, mengklarifikasi, mendeskripsikan, dan menginterpretasikan masing-masing bagian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penyebab disfungsional prokrastinasi akademik adalah karena terlalu lamanya pembelajaran dalam jaringan, tugas yang diberikan terlalu banyak dalam setiap minggunya, tugas yang diberikan sukar, kurangnya minat belajar dari siswa dan kurangnya pengawasan atau pendampingan dari orang tua sehingga siswa lebih banyak melakukan aktifitas lain yang tidak ada kaitannya dengan tugas akademik sehingga siswa merasa bosan dengan tugas dan tanggung jawab akademiknya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Nur Mahardika, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Disfungsional Prokrastinasi, Konseling Behavioristik, Teknik Kontrak Perilaku.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Oct 2021 22:12
Last Modified: 20 Oct 2021 22:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15695

Actions (login required)

View Item View Item