NURFIANTI, ELDA (2021) Pengembangan e-modul berbasis geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp kelas viii. Sarjana thesis, UMK.
Text (HAL JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download (664kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (380kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (707kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (533kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (363kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Permasalahan utama yang terjadi pada penelitian ini adalah belum tersedianya bahan ajar matematika yang berbasis komputer di SMP Negeri 3 Welahan. Berdasarkan angket yang telah diisi siswa, terdapat sebanyak 33% siswa tidak tertarik untuk belajar matematika dan hanya 37% siswa yang aktif dalam pembelajaran matematika yang menyebabkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 24%. Hal tersebut disebabkan sebanyak 56% siswa menyatakan tidak memiliki bahan ajar lain yang digunakan dalam belajar matematika dan sebanyak 70% siswa memerlukan bahan ajar interaktif yaitu berupa e-modul. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) menguji validitas e-modul berbasis geogebra untuk siswa SMP kelas VIII; (2) menguji kepraktisan e-modul berbasis geogebra untuk siswa SMP kelas VIII; dan (3) mengetahui respon siswa setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan e-modul geogebra. Penelitian Research and Development (R&D) ini dilaksanakan di kelas VIII E SMP Negeri 3 Welahan. Adapun model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang meliputi : (1) Analysis (Analisis); (2) Design (Perencanaa); (3) Development (Pengembangan); (4) Implementation (Penerapan); (5) Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, tes, dan juga angket. Analisis data yang digunakan meliputi analisis proses pengembangan e-modul, validitas e-modul, dan analisis kepraktisan e-modul. Dalam penelitian ini e-modul berbasis geogebra ini digunakan selama kegiatan pembelajaran matematika. E-modul berbasis geogebra ini berisi materi bangun ruang sisi datar pokok bahasan prisma & limas yang dikaitkan dengan geogebra. Dalam e-modul berbasis geogebra ini berisi halaman cover, petunjuk penggunaan e-modul, kompetensi dasar, daftar isi, tujuan pembelajaran, pengenalan tentang geogebra, materi, latihan soal, video pembelajaran dalam setiap subbab, kunci jawaban, profiil pengembang. keunggulan yang dimiliki e-modul berbasis geogebra yaitu dapat digunakan siswa hanya dengan memasukkan link atau url yang telah diberikan guru melalui aplikasi internet. Hasil validasi e-modul berbasis geogebra menunjukkan bahwa e-modul ini termasuk dalam kategori valid dengan skor yang diperoleh yaitu 3,2. Selain itu, hasil penilaian kepraktisan guru dan siswa juga menunjukkan kriteria praktis. Penilaian guru menyatakan bahwa e-modul sangat praktis dengan skor 3,6 dan penilaian siswa menyatakan bahwa e-modul termasuk dalam kriteria praktis dengan skor 3,0. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, e-modul berbasis geogebra dinyatakan valid dan praktis dan dapat membantu siswa untuk belajar materi prisma & limas secara mandiri.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1. Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2. Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | E-Modul Geogebra, Kemampuan Pemecahan Masalah matematis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 Oct 2021 22:19 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 22:19 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15701 |
Actions (login required)
View Item |