Pengembangan e-modul berbasis geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp kelas viii

NURFIANTI, ELDA (2021) Pengembangan e-modul berbasis geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp kelas viii. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (664kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (380kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (363kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Permasalahan utama yang terjadi pada penelitian ini adalah belum tersedianya bahan ajar matematika yang berbasis komputer di SMP Negeri 3 Welahan. Berdasarkan angket yang telah diisi siswa, terdapat sebanyak 33% siswa tidak tertarik untuk belajar matematika dan hanya 37% siswa yang aktif dalam pembelajaran matematika yang menyebabkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 24%. Hal tersebut disebabkan sebanyak 56% siswa menyatakan tidak memiliki bahan ajar lain yang digunakan dalam belajar matematika dan sebanyak 70% siswa memerlukan bahan ajar interaktif yaitu berupa e-modul. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) menguji validitas e-modul berbasis geogebra untuk siswa SMP kelas VIII; (2) menguji kepraktisan e-modul berbasis geogebra untuk siswa SMP kelas VIII; dan (3) mengetahui respon siswa setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan e-modul geogebra. Penelitian Research and Development (R&D) ini dilaksanakan di kelas VIII E SMP Negeri 3 Welahan. Adapun model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang meliputi : (1) Analysis (Analisis); (2) Design (Perencanaa); (3) Development (Pengembangan); (4) Implementation (Penerapan); (5) Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, tes, dan juga angket. Analisis data yang digunakan meliputi analisis proses pengembangan e-modul, validitas e-modul, dan analisis kepraktisan e-modul. Dalam penelitian ini e-modul berbasis geogebra ini digunakan selama kegiatan pembelajaran matematika. E-modul berbasis geogebra ini berisi materi bangun ruang sisi datar pokok bahasan prisma & limas yang dikaitkan dengan geogebra. Dalam e-modul berbasis geogebra ini berisi halaman cover, petunjuk penggunaan e-modul, kompetensi dasar, daftar isi, tujuan pembelajaran, pengenalan tentang geogebra, materi, latihan soal, video pembelajaran dalam setiap subbab, kunci jawaban, profiil pengembang. keunggulan yang dimiliki e-modul berbasis geogebra yaitu dapat digunakan siswa hanya dengan memasukkan link atau url yang telah diberikan guru melalui aplikasi internet. Hasil validasi e-modul berbasis geogebra menunjukkan bahwa e-modul ini termasuk dalam kategori valid dengan skor yang diperoleh yaitu 3,2. Selain itu, hasil penilaian kepraktisan guru dan siswa juga menunjukkan kriteria praktis. Penilaian guru menyatakan bahwa e-modul sangat praktis dengan skor 3,6 dan penilaian siswa menyatakan bahwa e-modul termasuk dalam kriteria praktis dengan skor 3,0. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, e-modul berbasis geogebra dinyatakan valid dan praktis dan dapat membantu siswa untuk belajar materi prisma & limas secara mandiri.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2. Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: E-Modul Geogebra, Kemampuan Pemecahan Masalah matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Oct 2021 22:19
Last Modified: 20 Oct 2021 22:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15701

Actions (login required)

View Item View Item