Analisis sikap multikultural siswa di sd 1 rahtawu kecamatan gebog kudus

ADITYA, UMMI BUNGA (2021) Analisis sikap multikultural siswa di sd 1 rahtawu kecamatan gebog kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (592kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (251kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (311kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk sikap multikultural yang diterapkan siswa di SD 1 Rahtawu dan menganalisis nilai-nilai multikultural yang terdapat di SD 1 Rahtawu sebagai sekolah multikultural. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan hasil bahwa siswa berpartisipasi dalam bersikap multikultural namun masih perlu ditingkatkan. Siswa masih ada yang membedakan-bedakan teman yang berbeda agama. Pendidikan multikultural adalah pendidikan yang menghargai adanya perbedaan, sehingga nantinya perbedaan tersebut tidak menjadi sumber masalah dan perpecahan. Melalui pendidikan multikultural diharapkan mampu mengembangkan sikap multikultural siswa. Sikap multikultural adalah sikap yang mencerminkan seseorang bersikap baik di dalam sebuah lingkungan yang berbeda budaya, bahasa, maupun agama yang bertujuan memunculkan sikap saling memahami dan menghargai pada siswa meskipun mereka berbeda suku, budaya, etnis maupun perbedaan lainnya. Sekolah yang mempunyai perbedaan budaya, agama, bahasa maupun ras disebut Sekolah Multikultural. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang akan dilaksanakan di SD 1 Rahtawu dengan subjek penelitian 3 siswa dari kelas 4 dan 4 siswa dari kelas 6. Instrumen yang dilakukan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan catatan insidental. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Analisis data menggunakan model interaktif menurut Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing. Hasil penelitian menujukan sikap multikultural siswa diantaranya toleransi, menghargai pendapat, bersikap terbuka, memiliki pengetahuan tentang keragaman Desa Rahtawu serta memiliki sikap saling ketergantungan satu sama lain. Sikap tersebut ditunjukan oleh sebagian besar siswa di SD 1 Rahtawu. Kebiasaan siswa yang hidup saling berdampingan dengan teman-temanya yang memiliki latar belakang agama dan budaya yang berbeda membuat siswa mengerti dan memahami pentingnya sikap mencintai keberagaman budaya dan agama khususnya di lingkungan sekolah Hendaknya siswa tetap melanjutkan sikap multikultual dan guru selalu menginternalisasi nilai-nilai multikultural sehingga tercapai lingkungan yang rukun damai dan saling menghargai.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Muhammad Syaffruddin Kuryanto, S.Si., M.Or. Pembimbing 2. Muhammad Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Pendidikan Multikultural, Sikap Multikultural, Siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Oct 2021 22:24
Last Modified: 20 Oct 2021 22:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15704

Actions (login required)

View Item View Item