ADITYA, UMMI BUNGA (2021) Analisis sikap multikultural siswa di sd 1 rahtawu kecamatan gebog kudus. Sarjana thesis, UMK.
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (592kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (251kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (778kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (311kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk sikap multikultural yang diterapkan siswa di SD 1 Rahtawu dan menganalisis nilai-nilai multikultural yang terdapat di SD 1 Rahtawu sebagai sekolah multikultural. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan hasil bahwa siswa berpartisipasi dalam bersikap multikultural namun masih perlu ditingkatkan. Siswa masih ada yang membedakan-bedakan teman yang berbeda agama. Pendidikan multikultural adalah pendidikan yang menghargai adanya perbedaan, sehingga nantinya perbedaan tersebut tidak menjadi sumber masalah dan perpecahan. Melalui pendidikan multikultural diharapkan mampu mengembangkan sikap multikultural siswa. Sikap multikultural adalah sikap yang mencerminkan seseorang bersikap baik di dalam sebuah lingkungan yang berbeda budaya, bahasa, maupun agama yang bertujuan memunculkan sikap saling memahami dan menghargai pada siswa meskipun mereka berbeda suku, budaya, etnis maupun perbedaan lainnya. Sekolah yang mempunyai perbedaan budaya, agama, bahasa maupun ras disebut Sekolah Multikultural. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang akan dilaksanakan di SD 1 Rahtawu dengan subjek penelitian 3 siswa dari kelas 4 dan 4 siswa dari kelas 6. Instrumen yang dilakukan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan catatan insidental. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Analisis data menggunakan model interaktif menurut Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing. Hasil penelitian menujukan sikap multikultural siswa diantaranya toleransi, menghargai pendapat, bersikap terbuka, memiliki pengetahuan tentang keragaman Desa Rahtawu serta memiliki sikap saling ketergantungan satu sama lain. Sikap tersebut ditunjukan oleh sebagian besar siswa di SD 1 Rahtawu. Kebiasaan siswa yang hidup saling berdampingan dengan teman-temanya yang memiliki latar belakang agama dan budaya yang berbeda membuat siswa mengerti dan memahami pentingnya sikap mencintai keberagaman budaya dan agama khususnya di lingkungan sekolah Hendaknya siswa tetap melanjutkan sikap multikultual dan guru selalu menginternalisasi nilai-nilai multikultural sehingga tercapai lingkungan yang rukun damai dan saling menghargai.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1. Muhammad Syaffruddin Kuryanto, S.Si., M.Or. Pembimbing 2. Muhammad Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Pendidikan Multikultural, Sikap Multikultural, Siswa |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 Oct 2021 22:24 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 22:24 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15704 |
Actions (login required)
View Item |