“Implementasi pengelolaan dana desa untuk mewujudkan pemerintahan desa yang baik” (studi terhadap dana desa di desa burikan kecamatankota kabupatenkudus)

PURWANTININGRUM, ENDANG (2021) “Implementasi pengelolaan dana desa untuk mewujudkan pemerintahan desa yang baik” (studi terhadap dana desa di desa burikan kecamatankota kabupatenkudus). Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (770kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (596kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (780kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (459kB)

Abstrak

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pengelolaan Dana Desa untuk mewujudkan Pemerintahan Desayang baik (Good Governance) di Desa Burikan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus, untuk mengetahui kesesuaian Pengelolaan Dana Desa di Desa Burikan dengan ketentuan yang berlaku, dan juga untuk memahami apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Pengelolaan Dana Desa untuk mewujudkan Pemerintahan Desa yang baik di Desa Burikan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah yuridis empiris. Dalam hal teknik pengumpulan data, penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Setelah data diperoleh, maka disusun secara sistematis dan selanjutnya dianalisa secara kualitatif, sehingga diperoleh kejelasan mengenai permasalahan yang dibahas dan selanjutnya disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Kehadiran Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, menjadikan desa mempunyai kewenangan dalam pengelolaan dana desa. Kewenangan desa dalam pengelolaan dana desa yang diatur dalam Permendagri Nomor 113 tahun 2014 bertujuan untuk menjadikan tata kelola pemerintahan desa yang baik. Dari hasil penelitian dapat ditunjukan bahwa Implementasi pengelolaan dana desa untuk mewujudkan pemerintahan yang baik (Good Governance) di Desa Burikan berpedoman pada Permendagri Nomor 113 tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan desa dan memenuhi kriteria karakteristik (Good Governance) diantaranya adanya partisipasi masyarakat, tegaknya supremasi hukum, peduli kepada masyarakat, berorientasi terhadap Konsensus, efektif dan efesien, keadilan, transparansi, tanggungjawab, akuntabilitas. Dalam pelaksanaan pengelolaan dana desa di desa Burikan terdapat beberapafaktor pendukung dan faktor penghambat yaitu faktor pendukung diantaranya partisipasi masyarakat, sumber daya manusia,sistem informasi dan teknologi sedangkan faktor penghambat diantaranya adalah pencairan dana desa, regulasi dan kebijakan pemerintah, kondisi sumber daya alam.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Dra. Sulistiyowati, SH. C.N. Pembimbing 2 Faizal Adi Surya, SH. MH
Kata Kunci: Implementasi, Dana Desa, GoodGovernance
Subjects: Hukum
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Oct 2021 22:37
Last Modified: 20 Oct 2021 22:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15712

Actions (login required)

View Item View Item