Pengaruh model accelerated learning cycle (alc) berbantuan aplikasi lingmat terhadap minat belajar dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa

FAYUDHA, BACHTIAR RIZQI (2021) Pengaruh model accelerated learning cycle (alc) berbantuan aplikasi lingmat terhadap minat belajar dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (219kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Updated Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (230kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstrak

Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahmnya minat belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk menguji rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan model Accelerated Learning Cycle (ALC) berbantuan aplikasi android lebih baik daripada rata-rata kelas yang diajarkan dengan menggunakan model saintifik. (2) Untuk menguji kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan model Accelerated Learning Cycle (ALC) berbantuan aplikasi android mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). (3) Untuk menguji kemampuan berpikir kritis matematis siswa berpengaruh terhadap minat belajar dengan menggunakan model Accelerated Learning Cycle (ALC) berbantuan aplikasi android.(4) Minat belajar siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Accelerated Learning Cycle (ALC) berbantuan aplikasi android daripada pembelajaran menggunakan model saintifik. (5) Kemampuan Bepikir Kritis Matematis siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Accelerated Learning Cycle (ALC) berbantuan aplikasi android daripada pembelajaran menggunakan model saintifik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk penelitian semu (Quasy Experiment Research). Pengambilan sampel menggunakan teknik kelas secara acak (Cluster Random Sampling) yang menjadi sampel adalah kelas VIII G adalah kelas kontrol, sedangkan kelas VIII I adalah kelas eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Accelerated Learning Cycle (ALC) dan aplikasi berbasis android sedangkan variabel terikat adalah minat belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket minat belajar, dan tes kemampuan berpikir kritis matemtis siswa. Analisis data yang digunakan antara lain analisis data awal dan analisis data yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sampel t test. Analisis data akhir yang digunakan antara lain : uji t dua sampel independent, uji t satu sampel, uji regresi, uji n-gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan (1) Rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa materi lingkaran kelas VIII SMP 1 Mejobo yang memperoleh pembelajaran dengan model Accelerated Learning Cycle (ALC) berbantuan aplikasi android lebih baik dibandingkan dengan model saintifik. (2) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa materi lingkaran kelas VIII SMP 1 Mejobo yang mendapatkan model pembelajaran Accelerated Learning Cycle (ALC) berbantuan aplikasi android dapat mencapai KKM yaitu 77,5. (3) Minat belajar berpengaruh secara positif sebesar 15,9% terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan model Accelerated Learning Cycle (ALC) berbantuan aplikasi android. (4) Peningkatan minat belajar siswa berpengaruh sebesar 0,58 (5) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa berpengaruh sebesar 0,61.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Savitri Wanabulandari, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2. Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Aplikasi Lingmat, Model Accelerated Learning Cycle (ALC), Minat Belajar, dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Oct 2021 22:57
Last Modified: 20 Oct 2021 22:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15725

Actions (login required)

View Item View Item