English speaking constraints of students joining international student exchange programs (a case study on students of universitas muria kudus)

MEGA SUSANTI, ALFIANA (2021) English speaking constraints of students joining international student exchange programs (a case study on students of universitas muria kudus). Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (213kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (427kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Program pertukaran mahasiswa Internasional terdengar menarik untuk diikuti oleh para mahasiswa. Banyak dari mereka berantusias untuk mengikuti program tersebut. Salah satu persyaratan untuk mengikuti program ini adalah memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik terutama kemampuan berbicara bahasa Inggris. Meskipun mereka memiliki kemampuan berbicara bahasa Inggris yang memumpuni, mereka memiliki kesulitan dalam berbicara bahasa Inggris selama menjalani program pertukaran mahasiswa Internasional. Berdasarkan penjelasan diatas, tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi masalah – masalah dalam berbicara bahasa Inggris terhadap mahasiswa yang mengikuti program pertukaran mahasiswa Internasional dan juga untuk mengeksplor solusi dalam masalah berbicara bahasa Inggris terhadap mahasiswa yang mengikuti program pertukaran mahasiswa Internasional di Thailand. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus untuk mendapatkan hasil. Data dari penelitian ini adalah masalah dalam berbicara bahasa Inggris dan solusi dalam masalah berbicara bahasa Inggris terhadap mahasiswa yang mengikuti program pertukaran mahasiswa Internasional. Peneliti mengumpulkan data menggunakan wawancara untuk menemukan masalah dan solusi dalam berbicara bahasa Inggris. Subjek penelitian ini adalah dua mahasiswa Universitas Muria Kudus laki – laki dan perempuan yang telah mengikuti program “International Virtual Cultural Exchange” dan “International Credit Transfer Program” di Thailand. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami beberapa masalah dalam berbicara bahasa Inggris dan mencoba mengatasi masalah tersebut selama program pertukaran mahasiswa Internasional. Masalah berbicara bahasa Inggris yang dialami oleh mereka adalah masalah linguistik dan masalah non linguistik. Masalah linguistik antara lain kekurangan kosa kata, kesalahan tata bahasa, pengucapan yang tidak tepat, dan pemahaman mendengarkan. Masalah non linguistik antara lain kurang percaya diri, takut mendapat kritikan dan kecemasan, kurangnya latihan, kekurangan ide, penggunaan bahasa Ibu, peserta rendah di kelas, takut membuat tata bahasa, dan kesalahpahaman terhadap instruksi berbicara. Kemudian, mereka mencoba untuk mengatasi masalah – masalah tersebut dengan belajar aplikasi bahasa Inggris, alat komunikasi, mengambil pekerjaan bahasa Inggris, bergabung dalam forum bahasa Inggris, dan bermain game. Peneliti menyimpulkan bahwa siswa menemukan kesulitan dalam berbicara bahasa Inggris tetapi mereka mencoba untuk mengatasi masalah – masalah tersebut dengan strategi – strategi mereka. Peneliti menyarankan bahwa siswa haruus mempersiapkan kemampuan berbicara bahasa Inggris dan kesiapan mental dengan matang sebelum mengikuti program pertukaran mahasiswa Internasional dan juga untuk para dosen untuk mendorong siswa dalam berbicara bahasa Inggris dengan mengadakan forum bahasa Inggris sebagai wadah pengembangan kemampuan berbicara bahasa Inggris.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: PEMBIMBING 1 :Dr. Fitri Budi Suryani, S.S., M.Pd., PEMBIMBING 2 :Nuraeningsih, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: berbicara bahasa Inggris; kesulitan berbicara bahasa Inggris; pertukaran mahasiswa Internasional.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Oct 2021 23:19
Last Modified: 20 Oct 2021 23:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15735

Actions (login required)

View Item View Item