Implementasi solution focus brief counseling Untuk meningkatkan perilaku asertif pada korban bullying di smk negeri 3 pati

SAPUTRO, AGUNG (2021) Implementasi solution focus brief counseling Untuk meningkatkan perilaku asertif pada korban bullying di smk negeri 3 pati. Sarjana thesis, UMK.

[img] Text (Hal Depan)
Sripsi Agung Saputro (cover).pdf - Accepted Version

Download (917kB)
[img] Text (Bab 1)
Sripsi Agung Saputro (Bab i).pdf - Accepted Version

Download (139kB)
[img] Text (Bab 2)
Sripsi Agung Saputro (Bab ii).pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
Sripsi Agung Saputro (Bab iii).pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
Sripsi Agung Saputro (Bab iv).pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
Sripsi Agung Saputro (Bab v).pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Sripsi Agung Saputro (daftar pustaka).pdf - Accepted Version

Download (128kB)
[img] Text (Lampiran)
Sripsi Agung Saputro (Lampiran) fix.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Bullying merupakan perilaku dengan karakteristik melakukan tindakan yang merugikan orang lain seperti secara non verbal menendang, menggigit, dan memukul, secara verbal yaitu ucapan kebencian secara langsung maupun secara tidak langsung (cyberbullying) dan dilakukan berulang-ulang. Bullying kerap terjadi dikalangan remaja khususnya dilingkungan sekolah. Salah satu yang dapat mencegah bullying yaitu dengan cara meningkatkan perilaku asertif. Perilaku asertif merupakan perilaku yang mempunyai kepercayaan diri, dapat mengemukakan pendapatnya kepada orang lain, berfikir mandiri dan memiliki suasana yang aman dalam bersosialisasi serta tidak takut dalam menghadapi dan mempertanggugjawabkan suatu kesalahan. Masalah penelitian ini adalah bagaimana peningkatan perilaku asertif yang dialami oleh murid yang menjadi korban bullying serta apakah perilaku asertif pada korban bullying dapat ditingkatkan melalui layanan Solution Focus Brief Counseling? Tujuan daripenelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan perilaku asertif yang dialamioleh korban bullying di SMK Negeri 3 Pati, danmenguraikan layanan Solution Focus Brief Counseling dalam meningkatkan perilaku asertif pada korban bullying. Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus, dimana penelitian ini akan dilakukan di SMK Negeri 3 Pati. Sedangkan subjek penelitian ini adalah 3 klien yaitu PNO, MF, dan SAF siswa yang mengalami bullying dengan perilaku asertif yang rendah. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sehingga peneliti memperoleh data yang akurat. Analisis data yang akan digunakan yaitu deskriptif kualitatif peningkatan perilaku asertif pada korban bullying dengan menggunakan Solution Focus Brief Counseling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah konseli diberikan layanan Solution Focus Brief Counseling peneliti mengetahui penyebab korban mengalami rendahnya perilaku asertif serta peningkatan perilaku asertif yang ditampakkan oleh korban setelah diberikan layanan konseling. Adapun peilaku asertif yang rendahdidapatkan korban karena pemalu tidak bisa mengutarakan apa yang ada didalam dirinya, masa bodoh karena sudah biasa dikucilkan teman sekelasnya sehingga mengganggu prestasi belajarnya di sekolah, dankarena tidak bisa terus terang kepada teman terkait apa yang menjadi kemauannya saat mendapatkan bullying. Saran : 1)Kepada siswa, Siswa diharapkan mampu meningkatkan perilaku asertifnya dengan lebih baik sehingga terhidar dari perilaku bullying yang bisa mempengarui prestasi belajar di sekolah. 2)Kepada guru BK supaya dapat menggunakan hasil pertemuan dengan peneliti untuk lebih memperhatikan konseli dan mengenali permasalahan-permasalahan siswa di SMK 3 Pati khususnya yang berhubungan dengan bullying yang bisa mempengaruhi prestasi belajar siswa. 3) Kepala Sekolah agar memfasilitasi konselor dalam semua layanan bimbingan dan konseling. 4)Peneliti diharapkan kedepannya peneliti dapat meningkatkan kemampuannya untuk memberikan layanan konseling individu untuk membantu mengatasi masalah yang dialami oleh siswa, dengan menerapkan teknik-teknik dalam konseling yang sesuai dengan permasalahan yang dialami oleh siswa, serta dapat memberikan pelayanan konseling yang lebih baik sehingga dapat memberikan hasil yang optimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Edris Zamroni, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd, Kons.
Kata Kunci: Solution Focus Brief Counseling, Perilaku Asertif, dan Bullying
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Oct 2021 23:44
Last Modified: 20 Oct 2021 23:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15746

Actions (login required)

View Item View Item