Pengaruh lama waktu pengeringan terhadapmutu ikan lele menggunakan pengering hybridefek rumah kaca

MAHINDRA, SHOFI RIZA (2021) Pengaruh lama waktu pengeringan terhadapmutu ikan lele menggunakan pengering hybridefek rumah kaca. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (841kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (318kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (306kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Ikan lele merupakan salah satu sumber protein yang banyak dikonsumsi masyarakat, mudah di dapat, dan harganya yang terjangkau. Namun ikan lele cepat mengalami proses pembusukan dan penurunan mutu dikarenakan daging ikan mempunyai kadar air yang tinggi, pH netral, teksturnya lunak, dan kandungan gizinya tinggi sehingga menjadi medium yang sangat baik untuk pertumbuhan bakteri. sehingga perlu dilakukan proses pengawetan salah satunya dengan proses pengeringan. Proses pengeringan biasanya dilakukan para petani ikan lele dengan cara tradisional yang membutuhkan waktu yang lama maka dengan dibuatnya mesin pengering hybrid efek rumah kaca in ditujukan untuk memper pendek waktu pengeringan serta meningkatkan kualitas mutu ikan lele.dengan metode pengeringan hybrid efek rumah kaca ini dengan kapasitas 10kg dilakukan percobaan dengan massa ikan lele 5kg disetiap proses pengeringan dengan waktu pengeringan 5, 6, dan 7 jam pada suhu 40◦C, 50◦C, dan 60◦C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama waktu pengeringan ikan berpengaruh pada kadar air dan kadar protein ikan lele keing, semakin lama pengeringan maka kadar air akan semakin menurun berbanding sebaliknya semakin lama pengeringan maka kadar protein ikn lele kering semakin meningkat. Proses pengeringan terbaik berada pada suhu 60◦C dengan lama waktu pengeringan 7 jam didapat hasil kadar air 30,39% dan kadar protein 29,81%.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Rianto Wibowo,ST.,M.Eng Pembimbing 2 Qomaruddin, S.T., M.T.
Kata Kunci: Ikan lele merupakan salah satu sumber protein yang banyak dikonsumsi masyarakat, mudah di dapat, dan harganya yang terjangkau. Namun ikan lele cepat mengalami proses pembusukan dan penurunan mutu dikarenakan daging ikan mempunyai kadar air yang tinggi, pH netral, teksturnya lunak, dan kandungan gizinya tinggi sehingga menjadi medium yang sangat baik untuk pertumbuhan bakteri. sehingga perlu dilakukan proses pengawetan salah satunya dengan proses pengeringan. Proses pengeringan biasanya dilakukan para petani ikan lele dengan cara tradisional yang membutuhkan waktu yang lama maka dengan dibuatnya mesin pengering hybrid efek rumah kaca in ditujukan untuk memper pendek waktu pengeringan serta meningkatkan kualitas mutu ikan lele.dengan metode pengeringan hybrid efek rumah kaca ini dengan kapasitas 10kg dilakukan percobaan dengan massa ikan lele 5kg disetiap proses pengeringan dengan waktu pengeringan 5, 6, dan 7 jam pada suhu 40◦C, 50◦C, dan 60◦C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama waktu pengeringan ikan berpengaruh pada kadar air dan kadar protein ikan lele keing, semakin lama pengeringan maka kadar air akan semakin menurun berbanding sebaliknya semakin lama pengeringan maka kadar protein ikn lele kering semakin meningkat. Proses pengeringan terbaik berada pada suhu 60◦C dengan lama waktu pengeringan 7 jam didapat hasil kadar air 30,39% dan kadar protein 29,81%.
Subjects: Teknologi > Teknologi (umum)
Teknologi > Teknik mesin dan mekanik
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Oct 2021 23:48
Last Modified: 20 Oct 2021 23:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15750

Actions (login required)

View Item View Item