Penyelesaian kredit macet dengan objek jaminan fidusia yang tidak didaftarkan pada kantor pendaftaran fidusia (studi di bank perkreditan rakyat (bpr) catur artha jaya kudus)

WIBOWO, TRIO (2021) Penyelesaian kredit macet dengan objek jaminan fidusia yang tidak didaftarkan pada kantor pendaftaran fidusia (studi di bank perkreditan rakyat (bpr) catur artha jaya kudus). Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
1.HLM COVER.pdf - Accepted Version

Download (808kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
2. BAB I.pdf - Accepted Version

Download (808kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
3. BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (808kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
4. BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
5. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
6. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (809kB) | Preview

Abstrak

Skripsi yang berjudul “PENYELESAIAN KREDIT MACET DENGAN OBJEK JAMINAN FIDUSIA YANG TIDAK DIDAFTARKAN PADA KANTOR PENDAFTARAN FIDUSIA (Studi Di Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) Catur Artha Jaya Kudus)” ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyelesaian kredit macet dengan objek jaminan fidusia yang belum didaftarkan pada kantor pendaftaran fidusia, serta untuk mengetahui faktor-faktor apa menyebabkan kredit macet dan fidusia tidak didaftarkan. Metode pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah yuridis empiris. Dalam hal teknik pengumpulan data, penulis menggunakan data primer data yang diperoleh dengan metode wawancara langsung dengan responden dan data sekunder data yang sudah tercatat dalam buku atau dari bahan kepustakaan. Setelah data diperoleh, maka disusun secara sistematis dan selanjutnya dianalisa secara kualiatif, sehingga diperoleh kejelasan mengenai permasalahan yang dibahas dan selanjutnya disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Hasil penelitian yang diperoleh dalam skripsi ini, BPR Catur Artha Jaya Kudus dalam praktiknya masih belum sepenuhnya terlaksana dengan baik karena hak yang dimiliki oleh para pihak belum sepenuhnya terlaksana, seperti melakukan wanprestasi terhadap perjanjian yang telah disepakati sebelumnya dan terkadang ada aturan hukum yang tidak dilaksanakan sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku, seperti tidak didaftarkannya objek jaminan fidusia padahal dalam aturannya objek jaminan fidusia harus wajib didaftarkan. Permasalahan yang muncul ialah objek jaminan fidusia tidak mempunyai kekuatan eksekutorial. Upaya penyelesaian hukumnya ialah bisa dengan penyelesaian litigasi penyelesaian melalui proses pengadilan dan non litigasi penyelesaian diluar pengadilan seperti negosiasi dengan cara damai atau kekeluargaan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Suciningtyas S.H., M.Hum Pembimbing 2 Wahyu Edy Amrollah S.H., M.H
Kata Kunci: Perjanjian Kredit, Kredit Macet, Jaminan Fidusia
Subjects: Hukum
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Oct 2021 00:12
Last Modified: 21 Oct 2021 00:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15764

Actions (login required)

View Item View Item