Pengaruh tata kelola, sistem keuangan desa, dan kualitas penyajian laporan keuangan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa dengan profesionalisme sumber daya manusia dan integritas sebagai variabel intervening (studi pada desa se-kabupaten kudus)

AJINOTO, AJINOTO (2021) Pengaruh tata kelola, sistem keuangan desa, dan kualitas penyajian laporan keuangan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa dengan profesionalisme sumber daya manusia dan integritas sebagai variabel intervening (studi pada desa se-kabupaten kudus). Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tata kelola, sistem keuangan desa, dan kualitas penyajian laporan keuangan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa dengan profesionalisme sumber daya manusia dan integritas sebagai variabel intervening pada desa se-Kabupaten Kudus. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 84 aparatur pemerintah desa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dan data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari responden melalui kuesioner. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis SEM PLS dengan menggunakan alat uji statistik SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tata kelola berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Sistem keuangan desa dan kualitas penyajian laporan keuangan tidak berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Tata kelola tidak berpengaruh terhadap profesionalisme sumber daya manusia dan integritas. Sistem keuangan desa berpengaruh positif terhadap profesionalisme sumber daya manusia. Sistem keuangan desa tidak berpengaruh terhadap integritas. Kualitas penyajian laporan keuangan tidak berpengaruh terhadap profesionalisme sumber daya manusia. Kualitas penyajian laporan keuangan berpengaruh positif terhadap integritas. Profesionalisme sumber daya manusia tidak berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Integritas berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Profesionalisme sumber daya manusia dan integritas tidak mampu memediasi hubungan antara tata kelola dan sistem keuangan desa terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Profesionalisme sumber daya manusia tidak mampu memediasi hubungan antara kualitas penyajian laporan keuangan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Sedangkan integritas mampu memediasi hubungan antara kualitas penyajian laporan keuangan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Zuliyati, S.E., M.Si., Ak. Pembimbing 2. Diah Ayu Susanti, S.E., M.Acc., Ak.
Kata Kunci: Tata Kelola, Sistem Keuangan Desa, Kualitas Penyajian Laporan Keuangan, Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa, Profesionalisme Sumber Daya Manusia, Integritas
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi > Ekonomi sebagai ilmu. Hubunugan dengan subjek lain
Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Oct 2021 00:35
Last Modified: 21 Oct 2021 00:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15772

Actions (login required)

View Item View Item