SHOFA, ISTIANA (2021) Penerapan model picture and pictureberbantuan media roda putar untuk peningkatkan keterampilan menulis narasi ekspositorissiswakelas Iv tema 8 di sd 1 jati wetan. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
halaman judul.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
bab 1.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Text (BAB II)
bab 2.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
bab 3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
bab 4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
bab 5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Picture And Picture berbantuan media roda putar anak terhadap peningkatan kemampuan menulis narasi ekspositoris siswa dan untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap pembelajaran Picture and picture berbantuan media roda putar. Model Picture and picture berbantuan media roda putar merupakan salah satu model pembelajarana yang mengembangkan cara belajar melalui gambar sebagai alat bantunya untuk menyampaikan informasi sehingga siswa lebih aktif untuk menemukan dan menyelidiki sendiri. Penelitian One-Group Pretest-PosttestDesignini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Jati Wetan pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model picture and picture berbantuan media roda putar, sedangkan variabel terikatnya kemampuan menulis narasi ekspositoris siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, dokumentasi, angket, dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu Uji-t dan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran picture and picture berbantuan media roda putar berpengaruh terhadap kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris siswa, siswa dan guru memberikan respon lebih >75% terhadap pembelajaran model picture and picture berbantuan media roda putar, dilihat dari analisis statistik kuantitatif deskriptif yang menunjukkan respon lebih rata-rata > 75%. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model picture and pictur berbantuan media roda putar terhadap kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas 4 Sekolah Dasar. Untuk itu di sarankan kepada guru untuk menggunakan model picture and picture berbantuan media roda putar dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi ekspositoris siswa pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku maupun materi yang lainnya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1. Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd. Pembimbing 2. Dr. Irfai Fathurohman, M.pd. |
Kata Kunci: | Picture and picture, kemampuan menulis karangan narsi ekspositoris, roda putar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 01:36 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 01:36 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15787 |
Actions (login required)
View Item |