Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa kelas iv mi mambaul ulum di desa kayen pati

AYU, SRI (2021) Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa kelas iv mi mambaul ulum di desa kayen pati. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
1. HLM JUDUL.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Kesulitan belajar matematika yang dialami oleh siswa akan menimbulkan suatu keadaan dimana siswa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya sehingga memiliki prestasi yang rendah. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di MI Mambaul Ulum Desa Kayen Pati. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika dan faktor penyebab kesulitan belajar matematika yang dialami oleh siswa kelas IV MI Mambaul Ulum. Kesulitan belajar yaitu ketidakmampuan siswa dalam menguasai fakta, konsep, prinsip, dan keterampilan. Kesulitan belajar terjadi karena siswa menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit dan menakutkan. Siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor penyebab kesulian belajar terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus. Subjek dalam penelitian ini ada 7 siswa yang teridentifikasi mengalami kesulitan belajar matematika dan 1 guru kelas IV. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kesulitan belajar matematika yang siswa kelas IV MI Mambaul Ulum alami yaitu kesulitan memahami konsep perbandingan pecahan, kesulitan keterampilan berhitung pada operasi hitung perkalian dan pembagian, serta kesulitan memecahkan masalah dalam bentuk soal cerita. 2) Faktor penyebab kesulitan belajar matematika terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalnya adalah kesehatan tubuh yang tidak optimal, cacat tubuh yaitu penglihatan yang lemah atau mata minus dan pendengaran yang kurang, kecerdasan yang rendah, minat siswa pada pelajaran matematika rendah, serta motivasi belajar masih rendah. Sedangkan faktor eksternalnya adalah penggunaan media pembelajaran matematika yang kurang inovatif, orang tua kurang memperhatikan kegiatan belajar matematika siswa, suasana dirumah kurang kondusif, kegiatan siswa terlalu banyak sehingga kegiatan belajar siswa menjadi terbengkalai, dan faktor media massa yaitu pengaruh penggunaan gadget dan TV. Penelitian ini hendaknya guru menggunakan media pembelajaran matematika yang inovatif agar motivasi siswa dapat meningkat. Bagi siswa hendaknya memperbanyak latihan soal matematika. Bagi orang tua seharusnya perlu memberikan perhatian lebih pada kegiatan belajar anaknya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2. Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika, Kesulitan Belajar Matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Oct 2021 01:48
Last Modified: 21 Oct 2021 01:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15791

Actions (login required)

View Item View Item