Analisis kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika ditinjau dari gaya belajar

ROKHAYAH, SIKKY (2021) Analisis kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika ditinjau dari gaya belajar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
JUDUL.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas IV SDN Kropak 02 yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Siswa kelas IV masih banyak membutuhkan arahan secara langsung dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan soal-soal yang rumit, terlihat juga saat siswa mengerjakan soal matematika siswa masih terlihat kebingungan atau mengalami kesulitan dalam menentukan apa yang diketahui dan ditanya sehingga dengan hal tersebut siswa tidak dapat menyelesaikan atau memecahkan masalah matematika yang telah diberikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika ditinjau dari gaya belajar visual; (2) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika ditinjau dari gaya belajar auditorial; dan 3) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika ditinjau dari gaya belajar kinestetik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah diperoleh dari siswa kelas IV SDN Kropok 02 dan wali kelas IV. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah; (1) Siswa dengan gaya belajar visual adalah PM dan MKR. PM dan MKR mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan penalaran matematis.; (2) siswa dengan gaya belajar auditorial yaitu WK dan LO. WK memenuhi 3 indikator dari 5 indikator penalaran matematis, sedangkan LO memenuhi 2 indikator dari 5 indikator penalaran matematis siswa; dan (3) siswa dengan gaya belajar kinestetik adalah RP dan SPA. RP hanya mampu memenuhi 1 indikator dari 5 indikator penalaran matematis siswa, sedangkan SPA tidak bisa memenuhi kelima indikator penalaran matematis siswa. Kesimpulannya adalah; (1) penalaran matematis siswa dengan gaya belajar visual memiliki hasil yang sangat baik; (2) penalaran matematis siswa dengan gaya belajar auditorial memiliki hasil yang baik; dan (3) penalaran matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki hasil yang kurang. Hendaknya guru lebih memperhatikan gaya belajar siswa dan menyesuaikan metode pembelajaran dan gaya menulis soal supaya semua siswa dengan gaya belajar yang berbeda dapat memahami soal dan pembelajaran dengan baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Khamdun, S.Pd.,M.Pd. Pembimbing 2. Himmatul Ulya, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Gaya Belajar, Matematika, Penalaran Matematis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Oct 2021 01:58
Last Modified: 21 Oct 2021 01:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15795

Actions (login required)

View Item View Item