Peningkatan kemampuan bersosialisasi melalui layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada siswa Kelas xi ips 4 sma negeri 2 bae kudus

PURWANITA, APTASEMA IDANA (2021) Peningkatan kemampuan bersosialisasi melalui layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada siswa Kelas xi ips 4 sma negeri 2 bae kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (864kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan diselenggarakanya penelitian ini sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan tindakan peneliti dalam Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama dalam meningkatkan kemampuan bersosialisasi pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2018/2019. 2. Diperolehnya peningkatan kemampuan bersosialisasi pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2018/2019 setelah penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama. Kemampuan bersosialisasi dalam penelitian ini adalah sikap terbuka dalam pola dan ritmik hubungan antarpribadi yang dimiliki oleh siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Bae Kudus. Proses sosialisasi yang baik pada siswa kelas XI IPS 4 dapat ditandai dengan terjalinnya proses komunikasi secara langsung baik secara verbal maupun nonverbal. Dapat memahami pesan yang disampaikan, mengerti situasi dan kondisi dalam berkomunikasi, serta mampu menjaga perasaan lawan bicara. Layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama diberikan kepada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Bae sebagai usaha untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan bimbingan konseling. Subjek yang diteliti delapan siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik mixed method dengan menggabungkan analisis data kuantitatif dengan diperkuat dengan data kualitatif agar diperoleh simpulan penelitian yang lebih kuat. Hasil penelitian diketahui kemampuan bersosialisasi siswa kelas XI IPS 4 pada pra siklus pada kategori (Kurang), dengan skor rerata 18,5 (37%). Setelah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada siklus I diketahui kemampuan bersosialisasi pada siswa di pertemuan pertama memperoleh skor rerata 22 (44%) kategori (Kurang) dengan keterangan 1 anggota kelompok kategori (cukup) dan 7 anggota kelompok kategori (kurang), pertemuan kedua memperoleh skor 25 (50%) kategori (Kurang) dengan rincian 3 anggota kelompok kategori (cukup) dan 5 anggota kelompok kategori (kurang), pertemuan ketiga memperoleh skor 28 (57%) kategori (Cukup) dengan rincian 6 anggota kelompok kategori (cukup) dan 2 anggota kelompok kategori (kurang). Pada siklus II kemampuan bersosialisasi pada siswa semakin meningkat. Hal ini ditandai dengan pengamatan peneliti di siklus II yang mendapatkan data di pertemuan pertama siswa memperoleh skor rerata 33,4 (67%) kategori (Baik) dengan keterangan 5 anggota kelompok kategori (Baik) dan 3 anggota kelompok kategori (Cukup), pertemuan kedua memperoleh skor 38 (76%) kategori (Baik) dengan rincian 2 anggota kelompok kategori (Sangat Baik) dan 6 anggota kelompok kategori (Baik), pertemuan ketiga memperoleh skor 42,3 (85%) kategori (Sangat Baik) dengan rincian 5 anggota kelompok kategori (Sangat Baik) dan 3 anggota kelompok kategori (Baik). Peneliti menyimpulkan hasil penelitian ini sebagai berikut. 1. Layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dalam meningkatkan kemampuan bersosialisasi pada siswa kelas XI IPS 4 SMA 2 Bae Kudus diketahui pada siklus I mendapatkan skor 51% kategori (Cukup), pada siklus II diketahui mendapatkan skor 81% kategori (sangat baik). Jadi ada peningkatan peneliti dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama sebesar 30%. 2. Kemampuan bersosialisasi pada pra siklus diketahui mendapatkan skor 37% kategori (kurang), pada siklus I diketahui meningkatkan dengan mendapatkan perolehan skor 57% kategori (Cukup), siklus II meningkatkan dengan peroleh skor 85% kategori (sangat baik). Jadi ada peningkatan kemampuan bersosialisasi pada siswa sebesar 48%. Peneliti menyampaikan saran sebagai berikut: 1. Kepala Sekolah: Kepala sekolah hendaknya memberikan pengembangan dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMA 2 Bae Kudus, khususnya dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok. Agar siswa di SMA 2 Bae Kudus dapat merasakan manfaat kegiatan bimbingan dan konseling. Terlebih pada siswa yang mengalami masalah atau hambatan dalam kemampuan bersosialisasi. 2. Siswa: Siswa hendaknya berkonsultasi kepada wali kelas, guru bimbingan dan konseling jika mengalami hambatan dalam perkembanganya, khususnya pada aspek pribadi dan sosial. Sehingga dapat memperoleh bimbingan dan konseling melalui pelakanaan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. 3. Guru Bimbingan dan Konseling: Guru bimbingan dan konseling hendaknya melakukan atau memberikan assesmen kepada semua peserta didik agar mengetahui kebutuhan atau identifikasi masalah yang dimiliki oleh siswa SMA 2 Bae Kudus. Serta dapat menerapkan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dalam mengatasi permasalahan siswa, khususnya pada kemampuan bersosialisasi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Drs. Masturi, MM. Pembimbing 2. Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons.
Kata Kunci: Bersosialisasi, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Oct 2021 02:50
Last Modified: 21 Oct 2021 02:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15802

Actions (login required)

View Item View Item