Pengembangan media puzzle berbantu augmented reality pada muatan pelajaran ipa tema ekosistem kelas v sekolah dasar

NIRWANTO, BAMBANG GETTY (2021) Pengembangan media puzzle berbantu augmented reality pada muatan pelajaran ipa tema ekosistem kelas v sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
halaman judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
bab 1.pdf - Accepted Version

Download (509kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
bab 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (712kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
bab 3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
bab 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
bab 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menganalisis kebutuhan media pada muatan pelajaran IPA tema ekosistem kelas V sekolah dasar, 2) mendeskripsikan desain pengembangan media puzzle berbantu Augmented Reality, 3) mengetahui kelayakan media puzzle berbantu Augmented Reality dan 4) mendeskripsikan keefektifan media puzzle berbantu Augmented Reality pada muatan pelajaran IPA tema ekosistem kelas V sekolah dasar. Metode penelitian ini mengacu pada teori Borg and Gall, dengan menggunakan sepuluh tahapan yaitu, pengumpulan informasi, rancangan produk, pembuatan produk, uji coba produk awal, revisi produk, uji penggunaan produk, revisi hasil lapangan, validasi, revisi produk akhir, deseminasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V dari 9 sekolah dasar serta kelas V SDN 1 Gunungsari sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN 2 Gunungsari sebagai kelas kontrol. Pengembangan media puzzle berbantu Augmented Reality dilakukan dengan langkah- langkah analisis KI-KD, analisis tujuan pembelajaran, analisis materi pembelajaran dan desain pengembangan media. Desain pengembangan media puzzle berbantu Augmented Reality terdiri atas bagian pendahuluan dan isi materi. Pada bagian pendahuluan meliputi halaman sampul, prakata, daftar isi, pendahuluan, dan petunjuk penggunaan buku. Bagian isi meliputi ringkasan materi, puzzle, dan Augmented Reality tema ekosistem. Bagian penutup terdiri atas profil penulis dan daftar pustaka. Kelayakan produk dilihat dari hasil validasi ahli materi dan ahli media. Hasil validasi ahli materi memperoleh nilai 87,5% dengan kategori valid. Hasil validasi ahli media memperoleh nilai 87,5% dengan kategori valid. Untuk hasil repon guru memperoleh skor 406 dan persentase 93,9% dengan kategori sangat baik. Untuk hasil respon peserta didik diperoleh skor 1305 dan persentase 93,2% dengan kategori sangat baik. Kemudian media puzzle berbantu Augmented Reality diterapkan di kelas eksperimen dan hasil penghitungan N-gain adalah 0,83 dengan kategori tinggi. Uji efektifitas pada penelitian ini dilakukan dengan membandingkan hasil tes tertulis pada muatan pelajaran IPA tema ekosistem di kelas kontrol dan eksperimen. Dari penghitungan Uji t diperoleh hasil thitung adalah 7,23 dalam ttabel dengan a =5% diperoleh 1,694, jadi thitung > ttabel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media puzzle berbantu Augmented Reality layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran muatan pelajaran IPA tema ekosistem kelas V sekolah dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd. Pembimbing 2 Dr. Irfai Fathurrohman, M.Pd.
Kata Kunci: media puzzle, Augmented Reality, IPA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Oct 2021 18:39
Last Modified: 21 Oct 2021 18:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15807

Actions (login required)

View Item View Item